Perda Adaptasi Kebiasaan Baru disosialisasikan dengan membagi masker di Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,masker

Perda Adaptasi Kebiasaan Baru disosialisasikan dengan membagi masker di Pesisir Selatan

Wadan Lantamal II Padang, Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi menyosialisasikan penggunaan masker ke pengendara di Painan. (antarasumbar/Istimewa)

Total masker yang dibagikan mencapai 3.600 lembar,
Painan (ANTARA) - Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat Nomor 06 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 disosialisasikan di Kabupaten Pesisir Selatan dengan membagikan masker.

"Total masker yang dibagikan mencapai 3.600 lembar, kegiatan dilaksanakan di dua tempat yakni di depan Taman Spora Painan dan Pasar Painan," kata ketua tim sosialisasi, Wadan Lantamal II Padang, Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi di Painan, Selasa.

Dalam kesempatan itu, ia bersama tim tidak hanya membagi-bagi masker, namun juga menyosialisasikan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru ke seluruh lapisan masyarakat terutama pengendara dan pejalan kaki yang melewati dua lokasi tersebut.

Ia menyebut kegiatan bagi-bagi masker merupakan kegiatan lanjutan usai digelarnya sosialisasi dalam ruang di gedung Painan Convention Centre (PCC) yang diikuti pejabat setempat dan tokoh masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatera Barat, Yosmeri yang juga tergabung ke dalam tim, menyebut pembagian masker bertujuan dalam mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker dalam memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Dalam kegiatan ini kami juga menyampaikan denda yang akan diterapkan kepada masyarakat yang melanggar kewajiban menggunakan masker," ungkapnya.

Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon menyampaikan, hingga hari ini jumlah warga setempat yang terpapar COVID-19 mencapai 295 orang, sembuh sebanyak 102 orang dan yang meninggal sembilan orang.

Sedangkan pasien yang dirawat disejumlah rumah sakit berjumlah 14 orang, dan yang sedang menjalani isolasi di Rusunawa Painan Selatan sebanyak 38 orang serta isolasi mandiri 132 orang.

Ia menjelaskan 15 kecamatan 13 kecamatan diantaranya sudah terjangkit COVID-19, dua kecamatan yang belum terjangkit ialah Ampek Nagari Bayang Utara dan Ranah Ampek Hulu Tapan.

Selain Wadan Lantamal II Padang, Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatera Barat, Yosmeri serta Sekretaris Kabupaten Erizon, dalam tim tersebut juga bergabung anggota forkopimda setempat serta sejumlah kepala perangkat daerah.