Kantor Pos Kota Padang targetkan penyaluran BST Kemensos selesai hari ini

id Kantor pos padang,Penyaluran bansos,Kemensos

Kantor Pos Kota Padang targetkan penyaluran BST Kemensos selesai hari ini

Salah seorang penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos memperlihatkan uang yang diterimanya sebesar Rp600 ribu untuk dua bulan sekaligus serta menunjukan KTPnya kepada petugas sebagai syarat pengambilan bantuan tersebut di Kantor POS Padang, Minggu (30/8). (Antara/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Kantor Pos Kota Padang menargetkan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos selesai pada Senin (31/8), penyalurannya sudah sampai 75,51 persen.

Kepala Kantor Pos Sartono di Padang, Senin, mengatakan bahwa total penerima BST Kemensos untuk Kota Padang berjumlah 26179 KK dan sudah disalurkan sebanyak 19768 KK atau 75,51 persen hingga Minggu (30/8).

“Sehingga sisanya hanya 6411, mudah-mudahan dalam dua hari ini yang tersisa masyarakat segera mengambil ke kantor Pos karena kami masih tunggu sampai 31 Agustus sebab itu adalah tenggat sementara dari Kemensos,” katanya.

Ia mengatakan dari jumlah sisa tersebut sudah termasuk penerima ganda jadi jika dikurangi dengan penerima ganda hanya tinggal 4000an lagi.

Kemudian ia mengatakan bahwa penyaluran BST Kemensos saat ini adalah sudah masuk tahap empat dan lima sementara pada tahap satu sampai tiga sudah selesai pada bulan Juli, jadi ini program tambahan dari pemerintah namun jumlahnya dikurangi.

“Jika sebelumnya penerima mendapat Rp600 ribu per bulan, kali ini untuk tahap empat dan lima turun menjadi Rp300 ribu perbulan yang dibayarkan langsung dua bulan menjadi Rp600 ribu.

Sementara itu ia mengatakan untuk bantuan tingkat provinsi sudah disalurkan sebesar 97 persen yang penyalurannya dilakukan mulai April hingga Mei. Sedangkan untuk tiga persennya lagi dikarenakan beberapa hal seperti adanya penerima ganda.

“Jadi disamping menerima bantuan dari pusat mereka juga menerima bantuan sembako melalui perbankan yakni melalui BRI link Jadi mereka mendapat kartu ATM dan mereka bisa belanja ke warung yang telah ditunjuk dengan mesin edisi,” ungkapnya.

Oleh karena itu lanjutnya, pihaknya bekerjasama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yakni tenaga sukarela di kecamatan dibawah Dinsos yang tugasnya membantu melakukan pendataan dan juga ikut mengawasi proses penyaluran Bansos tersebut agar jangan sampai ada penerima ganda.

Ia menyebutkan Bansos tersebut diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar yaitu sembako jadi dari bantuan tersebut bisa menenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak COVID-19 ini.