BPBD Solok dirikan pos keamanan antisipasi bencana saat libur Lebaran

id BPBD Solok, dirikan pos keamanan, antisipasi bencana, selama, libur lebaran

BPBD Solok dirikan pos keamanan antisipasi bencana saat libur Lebaran

BPBD Kota Solok saat mendirikan pos keamanan antisipasi bencana selama libur lebaran 1445 Hijriah (ANTARA/HO-BPBD Kota Solok)

Solok (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Sumatera Barat mendirikan pos keamanan di halaman kantor Balai Kota Solok dengan menyediakan alat terbaik dalam rangka mengantisipasi bencana selama libur Lebaran.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Jumat, mengatakan BPBD Kota Solok mendirikan pos keamanan di halaman Balai Kota Solok dengan menyediakan alat terbaik jika ada terjadi bencana saat lebaran mengingat kondisi cuaca yang kurang baik belakangan ini.

Bahkan karena cuaca kurang mendukung pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang direncanakan akan digelar di lapangan merdeka, dipindahkan ke Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

Selain itu, ia juga mengatakan mengenai Pos Komando Teknis (Poskotis) Lebaran berupa TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Damkar dan pihak terkait akan tetap berjaga demi keamanan saat lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kendati demikian, ia tetap meminta untuk pengamanan daerah itu selama cuti lebaran agar tetap diwaspadai, cuti bersama telah dimulai sejak 8 sampai 15 April 2024.

"Selanjutnya, jika ada permasalahan di masyarakat, OPD harus responsif dan bergerak cepat mengatasinya," ujar dia.

Ia juga mengatakan, terkait lokasi parkir di Kota Solok, Dishub akan membuat piket selama Lebaran guna mengantisipasi lokasi parkir liar dan juru parkir liar.

Wako Solok meminta jangan sampai terjadi pemalakan dan penaikan tarif. Lokasi parkir harus untuk parkir, jangan fungsikan untuk yang lain. Tarif parkir motor Rp2 ribu, tarif parkir mobil Rp3 ribu.

Mengenai harga pasar, ketersediaan barang pokok. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok telah menggelar operasi pasar selama dua hari, juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk menstabilkan harga pasar.

"Kebersihan, kerapian, keramahan Kota Solok harus kita jaga. Kota Solok Serambi Madinah Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara) harus bersama kita wujudkan," ujar dia.

Selain itu, Wako Solok juga mengatakan bahwa kinerja di Pemkot Solok tetap baik saat Ramadhan. Saat cuti lebaran jangan sampai pekerjaan ASN tertinggal namun terus dipantau.

"Syukur alhamdulillah program one day one juz (satu hari satu juz) selama Ramadhan sejauh ini berjalan baik dan kita telah memasuki hari-hari akhir Ramadhan," katanya.

Kemudian hari pertama masuk kerja akan digelar apel gabungan pada tanggal 16 April 2024 yang dilanjutkan dengan halal bihalal.

”Persiapan halal bihalal kita pusatkan di lapangan Merdeka Kota Solok. OPD terkait agar menyiapkan kegiatan ini sebaik mungkin,” katanya.