Kasus positif COVID-19 di Agam bertambah empat orang, satu meninggal

id Kabag protokoler

Kasus positif COVID-19 di Agam bertambah empat orang, satu meninggal

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpimanan Setda Agam, Kasman Zaini. (antarasumbar/Istimewa)

Lubuk Basung (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Agam, Sumatera Barat bertambah empat orang dan satu pasien meninggal dunia, Jumat.

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Agam, Kasman Zaini di Lubukbasung, Jumat, mengatakan keempat pasien positif itu dengan inisial YR (21) warga Kamang Magek, K (62) dan Z (58) warga Ampekangkek dan H (51) warga Banuhampu.

"Z meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakut Ahmad Muhktar Bukittinggi, Jumat (14/8) sekitar pukul 07.45 WIB," katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya Z dirawat di Rumah Sakit Stroke Bukittinggi dan dirujuk ke Rumah Sakit Ahmad Muhktar Bukittinggi, Jumat (14/8) sekitar pukul 02.00 WIB.

Sesampai di Rumah Sakit Ahmad Muhktar Bukittinggi, tambahnya, Z dengan jenis kelamin perempuan langsung di tes usap dengan hasil positif dan Jumat pagi meninggal dunia.

"Pemakaman jenazah Z dilakukan dengan protokoler kesehatan COVID-19," katanya.

Ia menambahkan, tiga pasien positif COVID-19 itu telah dirawat di Rumah Sakit Ahmad Muhktar Bukittinggi dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasidin Kota Padang.

Pada Jumat, katanya, tujuh pasien COVID-19 dinyatakan sembuh dengan inisial TR (60), B (70), Z (44), AH (50) dan AG (37) semuanya warga Guguk Tinggi, Kecamatan Ampekkoto.

Sedangkan dua pasien sembuh lainnya dengan inisial MR (7) dan ZG (4) warga Gaduik, Kecamatan Tilatangkamang.

Saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Agam 51 orang, sembuh 27 orang, dirawat 18 orang, diisolasi lima orang dan meninggal dunia satu orang.

Sementara orang tanpa gejala 58 orang, orang dalam pengawasan delapan orang dan pasien dalam pantauan satu orang.

"Kita berharap pasien positif segera sembuh dan tidak ada penambahan kasus," katanya.

Untuk itu, Kasman mengimbau warga agar menerapkan protokoler kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan setiap saat, menjaga jarak dan lainnya. (*)