Polda tempatkan personel di lokasi Rapat Pleno Verifikasi Faktual KPU Sumbar

id berita padang,berita sumbar,pilgub 2020,kpu

Polda tempatkan personel di lokasi Rapat Pleno Verifikasi Faktual KPU Sumbar

Rapat pleno KPU Sumbar. (antarasumbar/Istimewa)

Kita tempatkan personel gabungan dari Polda dan Polresta Padang untuk mengamankan lokasi tersebut,
Kota Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menempatkan sejumlah personel di lokasi Rapat Pleno Verifikasi Faktual Pasangan Calon Perseorangan di pemilihan gubernur (Pilgub) Sumbar yang digelar di salah satu hotel di Padang, Kamis.

Kepala Bidang Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Kamis, mengatakan penempatan personel ini bertujuan agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan aman dan lancar.

"Kita tempatkan personel gabungan dari Polda dan Polresta Padang untuk mengamankan lokasi tersebut," tambahnya.

Menurut dia pemeriksaan juga dilakukan kepada setiap orang yang akan masuk ke ruangan Rapat Pleno KPU Sumbar

"Personel ditempatkan di pintu masuk ruangan mendampingi pihak KPU Sumbar untuk memastikan orang di dalam adalah mereka yang sesuai tamu undangan," ujarnya

Rapat pleno sendiri pada pukul 10.00 WIB yang dipimpin oleh Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, Komisioner Izwaryani, Nova Indra, Gebril Daulai dan Yanuk Sri Mulyani.

Setiap peserta yang mengikuti rapat tersebut harus menggunakan masker dan menggunakan cairan anti septik sebagai langkah mengikuti protokol COVID-19

KPU Sumbar memberikan kartu akses masuk bagi peserta rapat dan yang tidak memiliki tidak dapat memasuki ruangan tersebut.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani menyebutkan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat diumumkan dan memberikan ruang kepada Bawaslu, pasangan calon dan lainnya untuk memberikan saran dan masukan atas rekapitulasi tersebut

Ia menyebutkan total dukungan pasangan calaon Fakhrizal-Genius Umar dari 19 kabupaten kota di Sumatera Barat sebesar 130.256 suara.

Ia merincikan untuk Kabupaten Pesisir Selatan sebesar 5.065 dukungan, Kabupaten Solok 13.273 dukungan, Sijunjung 13.645 dukungan, Tanah Datar 9.102 dukungan.

Selanjutnya Kabupaten Padang Pariaman 4.648 dukungan, Kabupaten Agam 8.933 dukungan, Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 9.619 dukungan.

Setelah itu Kabupaten Pasaman 7.588 dukungan, Kabuapaten Kepulauan Mentawai 1.642 dukungan, Kabupaten Dharmasraya 11.651 dukungan, Solok Selatan 6. 830

Setelah itu Kabupaten Pasaman Barat 7.584 dukungan, Kota Padang 19.773, Kota Solok 1.486, Kota Sawahlunto 612 dukungan, Padang Panjang 420 dukungan.

Kemudian Kota Bukittinggi 2.219, Kota Payakumbuh 1.219 dan Kota Pariaman 4.948 dukungan.***2***