UNP perpanjang kuliah daring hingga akhir semester, antisipasi penyebaran COVID-19

id UNP, kuliah daring, rektor, ganefri

UNP perpanjang kuliah daring hingga akhir semester, antisipasi penyebaran COVID-19

Rektor UNP Prof. Ganefri. (Antara Sumbar/Agung Pambudi)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) menetapkan perkuliahan daring semester Januari-Juni 2020 diperpanjang hingga akhir semester dan ujian akhir semester juga ditetapkan secara daring pada 8 sampai 9 Juni 2020.

Hal itu ditegaskan melalui surat edaran Rektor UNP Nomor 1593/UN35/AK/2020 tanggal 6 April 2020 tentang Kegiatan Kampus dalam rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut dilakukan sehubungan dengan usaha pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan juga karena wabah tersebut semakin meluas serta di Sumatera Barat telah dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB).

Bagi mahasiswa yang kesulitan dalam pengambilan data penelitian dalam penulisan skripsi dapat diganti dengan penulisan artikel ilmiah/review jurnal ilmiah khusus untuk wisuda Juni 2020.

“Kemudian ujian tugas akhir (skripsi, Thesis, Disertasi) dilaksanakan secara online dan bagi mahasiswa S3 yang akan ujian terbuka diganti dengan mempublikasikan artikel ilmiah di media cetak dan daring (online) yang khusus untuk wisuda Juni 2020” seperti ditegaskan Rektor UNP dalam surat edaran tersebut.

Lebih lanjut Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D. melalui surat edaran tersebut juga menegaskan bahwa pelaksanaan praktikum dapat dilakukan dalam bentuk penugasan, virtual reality, simulasi, rekaman video dan lain-lain sehingga keterampilan/kompetensi minimal dapat diperoleh mahasiswa.

"Bagi Mahasiswa UNP yang terdaftar pada semester ini, dosen dan tenaga kependidikan diberikan akses internet gratis keseluruh layanan daring (online) UNP seperti akses e-learning, portal akademik, sistem wisuda, dan layanan daring lainnya yakni dengan cara mengaktifkan paket ilmupedia melalui aplikasi Mytelkomsel," jelas Rektor UNP di dalam surat edaran tersebut.

Terakhir, Rektor menghimbau seluruh warga UNP untuk terus bahu-membahu menghentikan penyebaran, mengedukasi masyarakat akan bahaya virus dan meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.