24 mahasiswa terima beasiswa KIP kuliah

id Beasiswa KIP, keluarga kurang mampu, legislator

24 mahasiswa terima beasiswa KIP kuliah

Sosialisasi kepada orang tua penerima beasiswa KIP kolaborasi dua legislator asal Agam. (ANTARA/HO)

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak 24 mahasiswa/i di Kabupaten Agam mendapatkan beasiswa KIP Kuliah atas kolabirasi antara anggota DPRD Kab Agam Zulhefi dan Wasekjen DPP Partai Gerindra, Yan Firwan.

“Alhamdulillah, 24 mahasiswa/i , khususnya dari Kecamatan IV Angkek, Kecamatan Baso, Candung dan Lubuk Basung diterima sebagai penerima beasiswa KIP Kuliah,” kata Zulhefi didampingi Yan Firwan saat sosialisasi dengan orang tua penerima KIP Kuliah di Agam, Senin.

Dia menambahkan, program KIP Kuliah yang “dijuluak” ke Anggota VI BPK RI merupakan program yang sudah dilakukan sejak tahun 2018.

“Insya Allah, program beasiswa KIP Kuliah telah dilakukan sejak tahun 2018 dan sudah 41 mahasiswa menerima manfaatnya,” kata Ketua Komisi III DPRD Kab Agam.

Sementara itu, Wasekjen DPP Partai Gerindra yang juga caleg DPRD provinsi Sumbar daerah pemilihan Sumbar III, Yan Firwan menambahkan, program beasiswa KIP Kuliah yang diberikan kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia.

“Bagi masyarakat Sumbar, khususnya di Kabupaten Agam, yang menjadi prioritas adalah agama dan pendidikan. Saat ini, kami berdua fokus pada bidang pendidikan. Ada pameo bagi masyarakat Minang, Biarlah dak ada beremas atau babaju rancak, asal anak-anak bisa bersekolah lebih tinggi,” kata Yan Firwan.

Ditambahkannya, selain meningkatkan sumberdaya manusia, program beasiswa KIP Kuliah ini juga bertujuan untuk meringankan beban ekonomi orang tua.

“Beasiswa KIP Kuliah berupa uang kuliah (SPP) sampai 8 semester dan uang saku sebesar Rp800 ribu per bulan. Artinya, bisa meringankan beban orang tua karena tidak semua masyarakat memiliki ekonomi mapan sementara keinginan untuk menyekolahkan anak sangat tinggi,” kata salah seoramg pendiri Partai Gerindra itu.

Selain program beasiswa KIP Kuliah, kader Gerindra ini juga mengupayakan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

“Insya Allah, PIP akan turun pada bulan Desember 2023,” pungkas Yan Firwan