Padang Panjang laksanakan penyemprotan massal untuk cegah penyebaran virus corona

id penyemprotan disinfektan,cegah covid-19,kota padang panjang

Padang Panjang laksanakan penyemprotan massal untuk cegah penyebaran virus corona

Penyemprotan disinfektan di Padang Panjang. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Sepanjang jalan utama dan sejumlah titik di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat disemprot cairan disinfektan secara besar-besaran, Selasa, untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru.

"Upaya ini dilakukan untuk keselamatan masyarakat dari serangan virus tersebut. Setidaknya langkah ini mengurangi penyebaran virus," kata Wali Kota Fadly Amran di Padang Panjang, Selasa.

Penyemprotan massal dilaksanakan berkaitan dengan instruksi pemerintah pusat melalui Kapolri yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Di Padang Panjang kegiatan dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Brimob, DPRD, BPBD Kesbangpol, Satpol PP Damkar, Dinas Kesehatan, PMI, serta unsur terkait setempat lainnya.

Dalam pelaksanaannya tim dibagi dalam tiga regu menggunakan mobil water canon dan mobil pemadam kebakaran.

Dalam kesempatan itu kepala daerah juga menyampaikan imbauan warga untuk tidak keluar rumah, duduk-duduk di warung atau kafe dan tidak lagi keluar rumah jika tidak ada keperluan yang dianggap penting selepas pukul 22.00 WIB.

Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi mengatakan penyemprotan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada hari ini.

Ia menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah daerah setempat atas dukungan pelaksanaan kegiatan itu yang bertujuan mencegah penularan virus corona jenis baru di daerah.

"Pencegaha penyebaran virus tidak hanya dengan penyemprotan disinfektan saja. Masyarakat dapat mendukung usaha pencegahan dengan tidak bepergian dan berkumpul," katanya.

Langkah sederhana lainnya yaitu dengan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat seperti dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan rajin mencuci tangan.

"Mengingat lokasi Padang Panjang merupakan daerah perlintasan, semua kita juga diharap lebih hati-hati terhadap potensi penularan virus," katanya.