RSUP M Djamil isolasi tujuh pasien: empat dicurigai MERS, tiga suspect COVID-19

id Berita Padang, padang terkini, pasien RSUP m Djamil,berita sumbar,berita padang,padang terkini,sumbar terkini,corona,virus corona

RSUP M Djamil isolasi tujuh pasien: empat dicurigai MERS, tiga suspect COVID-19

Direktur SDM Umum dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang Dovy Djanas (Antara/Laila Syafarud)

Padang, (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang melakukan perawatan terhadap 11 pasien dengan keluhan sesak napas dan suhu tubuh tinggi untuk mengantisipasi penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID-19) di Sumatera Barat.

"Jumlah pasien yang dirawat di RSUP M Djamil Padang semakin bertambah, saat ini sebanyak 11 pasien," kata Direktur SDM Umum dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang Dovy Djanas di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan dari 11 pasien tersebut sampai saat ini RSUP M Djamil telah mengisolasikan tujuh pasien yaitu empat orang dicurigai MERS-CoV dan tiga orang dicurigai COVID-19.

Baca juga: Penumpang Air Asia dari Malaysia yang dirujuk ke RSUP M Djamil Padang meninggal, rumah sakit masih tunggu hasil pemeriksaan swab

Tim medis RSUP M Djamil Padang telah melakukan pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan yang sudah dikirim ke Litbangkes.

"Namun sampai saat ini kita masih menunggu hasil uji laboratorium, termasuk satu pasien yang meninggal dunia hasilnya masih belum keluar," kata dia.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil Padang Gustafianof menambahkan RSUP M Djamil juga sempat mengisolasikan seorang penumpang pesawat Air Asia yang dirujuk ke RSUP M Djamil kemarin.

"Akan tetapi pasien yang mengalami sesak napas dan suhu badan mencapai 36,6 derajat celsius tersebut telah meninggal dunia pada pukul 21.10 WIB, kemarin," katanya.

Baca juga: Ini perkembangan pemeriksaan penumpang pesawat asal Malaysia yang demam dan sesak napas

Sebelum meninggal dunia, tim medis RSUP M Djamil telah melakukan pemeriksaan swap hidung dan tenggorokan yang akan segera dikirim ke Litbangkes.

"Kemudian setelah dimandikan jenazah akan segera dibawa ke rumahnya untuk dikebumikan," kata dia.

Lebih lanjut ia menyebutkan RSUP M Djamil masih melakukan pemeriksaan terhadap tiga pasien lainnya dan belum bisa ditentukan harus diisolasi atau tidak.

"Tiga pasien tersebut rujukan dari salah satu RSUD di Sumbar. Sehingga total pasien yang dirawat di RSUP M Djamil saat ini berjumlah 11 orang," kata dia.

Baca juga: Seorang penumpang pesawat asal Malaysia dengan gejala corona dilarikan ke RSUP M Djamil (Video)

Ia mengatakan sampai saat ini pasien tersebut belum bisa dipastikan suspect MERS-CoV ataupun COVID-19, karena masih dilakukan pemeriksaan.

"Apakah pasien sudah bisa pulang atau diisolasikan masih belum bisa dipastikan. Karena tim medis masih melakukan pemeriksaan laboratorium dan radiologi," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan sampai saat ini berdasarkan hasil pemeriksaan swap hidung dan tenggorokan pasien yang sempat diisolasi sebelumnya telah diterima dari Litbangkes. Kemudian hasilnya menunjukkan pasien RSUP M Djamil Padang masih negatif COVID-19.

"Sampai saat ini pasien yang sempat diisolasi di RSUP M Djamil Padang masih belum ada yang positif COVID-19 ataupun MERS-CoV. Kita harapkan masyarakat Sumbar terhindar dari wabah COVID-19," katanya. (*)

Baca juga: Seorang pasien diduga MERS-CoV meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang