Kapolda Sumbar tinjau pengerjaan Tol Padang Pariaman- Pekanbaru

id Polda Sumbar,tol Sumbar-Riau,Toni Harmanto

Kapolda Sumbar tinjau pengerjaan Tol Padang Pariaman- Pekanbaru

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal bersama Pejabat Utama Polda Sumbar mengunjungi lokasi pengerjaan Tol Padang Pariaman- Pekanbaru (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto meninjau langsung pengerjaan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru yang sedang dalam pengerjaan di seksi Padang Pariaman menuju Sicincin sepanjang 4,2 kilometer.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto di Padang, Jumat mengatakan Kapolda Sumbar ingin melihat secara langsung pengerjaan proyek nasional tersebut.

Menurut dia dalam kunjungan itu Kapolda Sumbar juga berkoordinasi dengan pekerja untuk mengetahui kondisi yang terjadi di lapangan.

“Ingin mengetahui apa pengerjaan ada kendala dan ternyata masih lancar,” kata dia.

Sebelumnya Kapolda Sumbar menyatakan siap membantu pemerintah daerah menyukseskan pembangunan jalan Tol yang menghubungkan Padang Pariaman menuju Pekanbaru yang terbengkalai sejak diresmikan Presiden Jokowi.

"Kita siap membantu pemerintah daerah untuk menyukseskan pembangunan proyek nasional ini berjalan dengan baik," kata dia.

Ia mengatakan pembangunan jalan tol ini diresmikan oleh Presiden Jokowi dan ditargetkan selesai hingga tahun ini. Namun, lanjutnya ada beberapa kendala sehingga hingga tahun ini tidak dapat selesai sesuai target.

Beberapa kendala yang muncul seperti pembayaran ganti rugi tanah yang tidak disepakati antara pemerintah dengan masyarakat dan lainnya.

Ia mengatakan ketika dirinya baru dilantik langsung bertemu pemerintah provinsi dan membentuk "desk" pembebasan lahan tol ini.

"Kita duduk bersama untuk memetakan masalah dan mencari solusinya. Dari 125 bidang lahan yang ada yang dapat dibebaskan hanya sembilan bidang saja," kata dia.

Menurut dia pembebasan lahan ditargetkan sepanjang 4,2 kilometer untuk ruas jalan Padang Pariaman menuju Sicincin.

"Kita akan cari solusi terbaik agar proyek ini dapat berjalan sesuai target," kata dia.