Pariaman kirim proposal ke pusat kembangkan Pulau Ujuang untuk wisata

id Pariaman

Pariaman kirim proposal ke pusat kembangkan Pulau Ujuang untuk wisata

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Pariaman, Sumbar, Dasril. (ANTARA/ Aadiyat MS)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat segera mengirimkan proposal rancangan pengembangan Pulau Ujuang sebagai objek wisata kepada pemerintah pusat.

"Kami akan mengirimkan proposal itu bulan ini, sedangkan besaran dananya tergantung dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman Dasril di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya hanya menyusun proposal rancangan pegembangan Pulau Ujuang sebagai objek wisata mulai dari dermaga apung hingga pusat kuliner.

"Sedangkan penyempurnaan rancangan dan penghitungan anggaran dari pemerintah pusat," katanya.

Ia mengatakan peluang pengembangan Pulau Ujuang untuk wisata yaitu ketika peringatan Hari Nusantara Nasional yang diselenggarakan pada Desember 2019 di Kota Pariaman.

Saat itu, lanjutnya pihaknya bertemu dengan salah seorang direktur pengelolaan ruang laut dari Kementerian Kelautan dan pihaknya langsung menyampaikan terkait rencana pengembangan Pulau Ujuang.

"Saat itu dia meminta kami membuat proposal perencanaannya dan berjanji akan membicarakannya sama menteri," ujarnya.

Ia mengatakan dengan dikelolanya Pulau Ujuang sebagai objek wisata maka dapat menambah daya tarik pariwisata di Kota Pariaman.

Sementara itu, Ketua Koperasi Piaman Wisata Mandiri sebagai pihak yang mengelola kapal wisata di Kota Pariaman Riki Bermana mengatakan nantinya akses wisata pulau tidak saja di Angso Duo namun pulau lainnya.

"Tujuannya agar potensi wisata di Kota Pariaman tergarap dengan baik guna meningkatkan ekonomi warga," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya nanti pihaknya akan membuat paket wisata untuk tiga pulau di Kota Pariaman yaitu Angso Duo, Pulau Tangah, dan Pulau Ujuang.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar