21 sekolah meriahkan pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS)

id Fadly Amran,Padang Panjang,Gerakan Seniman Masuk Sekolah ,berita padang panjang

21 sekolah meriahkan pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS)

Pementasan Gerakan Seni Masuk Sekolah (GSMS) di Padang Panjang. (Foto: Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Sebanyak 21 sekolah dasar dan menengah pertama mengisi pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang digelar di Gedung Pertujukan Hoeridjah Adam ISI Padang Panjang, Jumat.

Kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran tersebut menampilkan pertunjukan seni suara, musik, teater dan tari.

Kegiatan GSMS ini bertujuan untuk mengimplementasikan hasil berkesenian dari para seniman yang bersifat edukatif melalui peserta didik pada jenjang SD dan SMP di Padang Panjang dan sebagai upaya melestarikan kesenian.

Menurut Fadly kesenian yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat merupakan penanda atau ciri khas suatu daerah dan menjadi cerminan kearifan lokal yang mesti dipertahankan.

"Keberagaman kesenian difasilitasi, diimplementasikan, digali dan dieksplorasi sebagai bagian kemajuan peradaban bangsa dan daerah, "katanya.

Melalui kesenian, menurutnya bisa menjadi alat untuk membentuk karakter generasi muda sebagai penerus kebudayaan dan menjadikan para siswa produktif serta kreatif di aktivitas yang bermanfaat.

Melalui kegiatan pementasan dan pameran karya siswa GSMS ini ia berharap pemerintah lebih dapat mengembangkan, melestarikan dan menumbuhkan kecintaan para siswa pada kesenian sebagai bagian budaya yang mendukung penyelenggara pendidikan karakter.

Perwakilan dari UPTD Balai Pelestarian Budaya Kemendikbud RI Lestari menyambut baik kegiatan kesenian untuk murid SD dan SMP tersebut.

Ia menilai ajang itu bisa menjadi sarana silaturahim para seniman, guru dan murid sehingga terbangun budaya berkesenian dan upaya pelestarian seni budaya di Padang Panjang.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar