Bank Nagari Lubukbasung layani nasabah hingga larut malam

id Bank Nagari,BPD Sumbar,pelayanan bank nagari,produk-produk bank nagari

Bank Nagari Lubukbasung layani nasabah hingga larut malam

Petugas Bank Nagari Cabang Lubukbasung, Kabupaten Agam sedang melayani nasabah di Kecamatan Palembayan, Rabu (27/11) malam. (Dok Bank Nagari Lubukbasung)

​​​​​​​Lubukbasung,  (ANTARA) - Bank Nagari Cabang Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat melayani pembukaan rekening dan pencairan honor guru MDA, garin dan imam masjid hingga pukul 24.00 WIB.

Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubukbasung, Tasman di Lubukbasung, Kamis, mengatakan pelayanan itu dilakukan bagi 301 orang guru MDA, garin dan imam masjid di Kecamatan Palembayan. Pelayanan itu dibuka di kantor camat pada Rabu (27/11)

"Pelayanan dilakukan oleh khas mobil unit dengan jumlah petugas empat orang. Pelayanan itu dilakukan semenjak pagi hingga pukul 20.00 WIB dan sampai ke kantor cabang sekitar pukul 24.00 WIB," katanya.

Ia mengakui, pelayanan itu untuk mendekatkan diri kepada nasabah di Kecamatan Palembayan dan Malalak, karena di kecamatan tersebut tidak ada kantor unit dan kantor cabang pembantu.

Sementara jarak kecamatan itu cukup jauh dari kantor unit dan kantor cabang pembantu sekitar 50-60 kilometer.

"Apabila mereka melakukan pembukaan rekening dan penarikan dana ke kantor unit dan kantor cabang mengeluarkan dana cukup besar Rp50 ribu sampai Rp100 per orang," katanya.

Kedepan, Bank Nagari akan membuka jaringan ajungan tunai mandiri di Kecamatan Palembayan.

Selain itu bakal membuka kantor Kas di Kecamatan Matur dan daerah lainnya.

"Jarak Kecamatan Matur dengan Palembayan cukup dekat, sehingga dengan keberadaan kantor kas itu dapat mendekatkan pelayanan kepada nasabah," katanya.

Pada 2019, tambahnya, Pemkab Agam bekerjasama dengan Bank Nagari Cabang Lubukbasung dalam pembayaran honor guru MDA, garin dan imam sebanyak 3.492 orang tersebar di 16 kecamatan.

Total honor untuk guru MDA sebesar Rp3,36 miliar untuk 3.462 orang atau Rp1 juta per orang. Sedangkan honor garin Rp18 juta untuk 15 orang atau Rp1,2 juta per orang dan honor imam Rp15 juta untuk 15 orang atau Rp1 juta per orang.

Semetara itu, Kepala Kantor Kas Mobil Unit Bank Nagari Lubukbasung, Fitri Yenti menambahkan pihaknya sangat terharu dengan melayani di Palembayan, karena nasabah ke lokasi menggunakan jasa ojek.

Sebelum ke pangkalan ojek, mereka harus berjalan kaki dengan jarak dua kilometer.

"Ini berdasarkan hasil wawancara saya dengan para nasabah," katanya.

Sekretaris Camat Palembayan, Sabirun menambahkan masyarakat setempat sangat membutuhkan pelayanan seperti ini, karena biasanya mereka melakukan transaksi ke Kota Bukittinggi.

Pihaknya berharap kerja sama bisa berkelanjutan untuk tahun mendatang dengan baik.

"Masyarakat sangat terbantu dengan pelayanan tersebut dan berharap akan berlanjut nantinya," katanya. (*)