Kehadiran Nadiem Makarim di kabinet diharapkan bawa perubahan besar ekonomi digital

id nadiem makarim,nadiem menteri,kabinet baru,heru sutadi,pengamat teknologi,kabinet jokowi

Kehadiran Nadiem Makarim di kabinet diharapkan bawa perubahan besar ekonomi digital

Salah satu pendiri yang juga CEO goJek Nadiem Makarim melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019).pri. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj/)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat teknologi Heru Sutadi mengatakan kehadiran Nadiem Makarim dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diharapkan mampu membawa perubahan besar bagi ekonomi digital di Indonesia.

"Ini artinya upaya mereka yang mengembangkan startup atau bisnis digital mendapatkan perhatian dari Presiden (Joko Widodo), bahkan ini bisa jadi semacam jalur baru bagi mereka yang ingin menjadi menteri di masa ke depannya," kata Heru melalui pesan singkat kepada Antara, di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, setelah memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo pada Senin (21/10), Nadiem menyatakan menerima tawaran sebagai menteri. Namun, ia tidak menyebut posisi yang ditawarkan kepadanya.

Menurut Heru yang menjabat Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Nadiem memiliki rekam jejak yang baik dalam membesarkan bisnis kreatif melalui perusahaan yang ia dirikan, Gojek.

Gojek, perusahaan rintisan yang terkenal berkat layanan memesan ojek, saat ini sudah berstatus sebagai decacorn, satu-satunya perusahaan rintisan Indonesia yang berada di level tersebut untuk saat ini.

Nadiem disebut-sebut akan menjadi menteri yang mengurus ekonomi digital.

Menurut Heru, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat kementerian ekonomi digital, yang tugasnya membenahi infrastruktur ekonomi digital, membangun Usaha Kecil Menengah (UKM) agar mampu bersaing di tingkat internasional, serta meningkatkan literasi dan edukasi teknologi masyarakat.

Jika Nadiem terpilih menjadi menteri, Heru berharap, pendiri Gojek itu langsung bekerja setelah dilantik.

"Tinggal bagaimana dia membuktikan bisa membesarkan ekonomi digital Indonesia. Ini sudah tidak ada lagi waktu belajar, harus tancap gas pol sejak hari pertama dilantik," ujar Heru.