Empat tim sepakbola perebutkan Piala Kapolda Sumbar

id Turnamen Anak Nagari

Empat tim sepakbola perebutkan Piala Kapolda Sumbar

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal (istimewa/ Humas Polda Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Empat tim sepakbola yakni Semen Padang FC, PSP Padang, Pra PON DKI Jakarta dan Pra PON Sumbar mengikuti Turnamen Anak Nagari memperebutkan Piala Kapolda Sumbar di lapangan PSTS Tabing Kota Padang pada 8-11 Oktober 2019.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal di Padang, Senin mengatakan ini merupakan bentuk dukungan penuh bagi kemajuan prestasi olahraga khususnya sepak bola Sumatera Barat.

Ia mengungkapkan sejak muda dirinya menggeluti dunia sepak bola dan pernah menjadi skuad tim PSP junior di era pertengahan 1970-an, sebelum memutuskan masuk akademi kepolisian.

"Saya spontan menyetujui ajakan Hardimen Koto untuk ikut berpartisipasi dalam Turnamen Anak Nagari dan ini sangat bagus dalam mendukung prestasi persepakbolaan Sumatera Barat," kata dia.

Ia mengatakan kehadiran tiga tim asal Sumbar ditambah satu tim luar, Pra PON DKI layak disebut sebagai momentum pertemuan anak nagari melalui sepak bola.

"Jadi bisa dikatakan anak nagari bertemu di Padang, apalagi dalam skuad Pra PON DKI juga banyak dihuni pemain pemain dan staf pelatih keturunan Minang. Cocok sekali namanya Turnamen Anak Nagari," katanya.

Selain itu dirinya berharap Semen Padang FC bisa terus berkiprah di Liga 1 dan PSP Padang yang juara Liga 3 Sumbar 2019 mampu kembali beredar di kompetisi profesional lebih tinggi.

Ia mengatakan dulunya PSP Padang sejajar dengan klub klub ternama di kompetisi tertinggi di Indonesia seperti Persib, Persija, Persipura dan lain lain.

"Kita harapkan lagi PSP bisa sejajar lagi dengan mereka. sama halnya dengan tim Pra PON Sumbar yang akan bermain di PORWIL Bengkulu dapat lolos ke PON Papua," kata dia.

Selain dapat dukungan dari Kapolda Sumbar, turnamen ini juga didukung oleh Bank Nagari.

Sementara itu Direktur Utama Bank Nagari Dedi Ihsan menyatakan ketertarikan mereka sama halnya dengan Kapolda Sumbar yang selalu mendukung kemajuan sepakbola Sumbar salah satunya pada tahun 2017 Bank Nagari menjadi sponsor Semen Padang FC di Liga 2.

"Turnamen Anak Nagari persembahan Bank Nagari untuk Sumbar dan mudah - mudahan lahir pesepakbola Sumbar yang bermain di Eropa seperti Eggy Maulana," katanya

Menurut dua dengan sponsorship Turnamen Anak Nagari, mereka dapat mempromosikan produk-produk perbankan Bank Nagari.

"Bank Nagari punya produk mobile banking dan nanti saat turnamen kita sosialisasikan semuanya melalui digital marketing," katanya.