PT KAI gelar Bazar UMKM mitra binaan di Stasiun Padang

id Bazar UMKM,PT KAI

PT KAI gelar Bazar UMKM mitra binaan di Stasiun Padang

Kepala PT KAI Divre II Sumbar, Insan Kesuma (Kanan) meninjau bazar UMKM mitra binaan PT KAI Divre II Sumbar di Stasiun Padang. (ANTARA/Istimewa)

PadangĀ  (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat menggelar bazar yang melibatkan UMKM mitra binaan di Stasiun Padang, sebagai rangkaian kegiatan menyambut HUT KAI ke 74.

"Kami memiliki 18 UMKM mitra binaan dengan berbagai macam usaha, hari ini kami gelar bazar dengan melibatkan lima mitra binaan. kegiatan tersebut berlangsung selama satu bulan," kata Kepala PT KAI Divre II Sumbar, Insan Kesuma di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan, tidak hanya di Sumbar, bazar UMKM mitra binaan juga diselenggarakan di daerah Jawa dan Sumatera, juga bagian untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat yang merupakan binaan PT KAI.

Insan mengatakan, selain pemberian modal usaha, dalam pembinaan UMKM mitra binaan pihaknya juga melakukan pendampingan dalam bentuk pelatihan marketing, dan sisi teknis lainnya untuk peningkatan usaha.

Meski saat ini baru 18 UMKM mitra binaan PT KAI, namun Insan mengatakan tidak tertutup kemungkinan akan ada UMKM lain yang ikut bergabung menjadi mitra binaan selama sesuai dengan ketentuan dan syarat yang diberlakukan.

Digelarnya bazar di stasiun Padang, katanya, selain sebagai sarana pengenalan produk kepada penumpang kereta api, juga dalam rangka peningkatan penjualan dari usaha rumahan tersebut.

"Kami nantinya juga akan menyediakan tempat yang layak bagi pelaku UMKM di Stasiun Padang, tapi tetap mengacu pada tata ruang publik di tempat ini," katanya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar bimbingan teknis bagi mitra binaan ikan air tawar.

Salah seorang pelaku UMKM mitra binaan PT KAI, Adel Shoes menyebutkan pihaknya mendapatkan bantuan permodalan sebanyak Rp30 juta pasca bergabung empat bulan yang lalu.

"Bantuan permodalan itu kami gunakan untuk mengembangkan usaha, kami memproduksi sepatu kulit untuk kerja dan harian," katanya.