200 pekerja formal asal Sumbar dilepas ke Malaysia

id tenaga kerja

200 pekerja formal asal Sumbar dilepas ke Malaysia

Direktur Utama perusahaan penyalur pekerja migran, PT. Andalan Mitra Prestasi, Tafyani Kasim bersama perwakilan Imigrasi Padang dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Nazrizal saat menyerahkan paspor pekerja secara simbolis. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 200 orang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumatera Barat dilepas untuk bekerja pada sektor formal di Syarikat Hartalega SDN. BHD, Malaysia.

"Mereka adalah yang terpilih dari sekitar 500 orang yang ikut seleksi,"kata Direktur Utama perusahaan penyalur pekerja migran, PT. Andalan Mitra Prestasi, Tafyani Kasim di Padang, Selasa.

Menurutnya Syarikat Hartalega SDN BHD memberikan solusi terhadap pekerja formal Sumbar yang berasal dari keluarga kurang mampu, karena tidak memungut biaya apapun.

"Semua zero cost. Bahkan gaji pun tidak ada potongan. Malah ada kesempatan untuk mendapatkan pendapatan lebih dengan lembur," katanya.

Sesuai kontrak kerja yang ditandatangani pekerja formal asal Sumbar itu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp6 juta. Dengan segala fasilitas yang diberikan perusahaan, mereka bisa menabung hingga Rp4 juta sebulan.

Tafyani menambahkan pada Oktober 2019, pihaknya akan kembali memberangkatkan sekitar 200 orang tenaga kerja sektor formal dan terus bertambah hingga 600 orang sampai akhir tahun.

Hanya saja ada kendala dalam penyiapan dokumen keberangkatan yang relatif lama dengan birokrasi yang panjang. "Kami berharap persoalan ini bisa segera mendapatkan solusi," ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal mengatakan sangat mendukung upaya mengirimkan tenaga kerja formal ke luar negeri.

"Sekarang baru 200 orang, bagaimana ke depan itu bisa 2000 orang sekali pemberangkatan," katanya.

Ia menyebut pengiriman tenaga kerja ke luar negeri bisa menjadi solusi dari angka pengangguran di provinsi itu yang masih sedikit di atas angka nasional.

Karena itu, katanya, Dinas Tenaga Kerja Sumbar akan memfasilitasi segala upaya untuk meningkatkan kemampuan lulusan SMK, terutama di bidang bahasa internasional.

Pelepasan ikut dihadiri oleh keluarga dari 200 tenaga kerja yang segera diberangkatkan ke Malaysia, perwakilan dari Syarikat Hartalega SDN. BHD, Malaysia dan sejumlah pihak terkait.