Indra Dt Rajo Lelo jadi Wakil Ketua DPRD Sumbar definitif dari PAN

id DPRD Sumbar

Indra Dt Rajo Lelo jadi Wakil Ketua DPRD Sumbar definitif dari PAN

Logo PAN. Logo PAN Partai Amanat Nasional

Padang (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) menunjuk kader mereka Indra Dt Rajo Lelo sebagai Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat periode 2019-2024

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis di Padang, Senin mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) telah menetapkan Indra Datuak Rajo Lelo sebagai salah satu unsur pimpinan definitif DPRD Sumbar

"Kita telah menerima surat penunjukan resmi dari DPP Partai Amanat Nasional," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan untuk penetapan unsur pimpinan DPRD Sumbar akan dilakukan sesegera mungkin karena banyak agenda krusial menanti.

"Sekretariat DPRD Sumbar sendiri telah mengimbau partai pemenang agar segera melakukan penetapan pimpinan," kata dia.

Sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga telah menetapkan nama kadernya yang duduk di kursi pimpinan DPRD Sumbar.

Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Syafar mengatakan penetapan pimpinan definitif sangat bergantung kepada masing-masing partai yang telah ditentukan untuk menetapkan perwakilan mereka sebagai pimpinan DPRD Sumbar

"Kalau Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengirimkan surat penunjukan siapa yang akan ditunjuk menjadi wakil ketua. Ini tentu bergantung partai lainnya," kata dia.

Sementara itu Sekretaris DPW PAN Indra Datuak Rajo Lelo mengatakan untuk jangka pendek seluruh partai peraih kursi terbanyak mesti melakukan penetapan.

Jika tidak ada pimpinan definitif maka DPRD tidak dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi termasuk menyusun agenda dalam hal mengambil kebijakan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

"Belum ada yang dapat kita lakukan sebelum Alat Kelengkapan Dewan (AKD) ditetapkan. Partai harus segera menetapkan mengingat agenda DPRD yang padat, " katanya.

Dia mengatakan untuk pemilihan dirinya sebagai unsur DPRD Sumbar dari DPP PAN telah melalui kriteria dan kepercayaan dari pengurus pusat sehingga penetapan bisa dilakukan.

"Pada internal partai kader yang diprioritaskan menjadi unsur pimpinan mesti memiliki jabatan strategis di partai serta pengalaman sebagai politisi," katanya.

Hingga saat ini DPRD Sumbar dipimpin oleh Desrio Putra dari Partai Gerindra sebagai Ketua DPRD Sumbar sementara Irsyad Syafar dari PKS selaku Wakil Ketua sementara sejak 65 anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 dilantik pada 28 Agustus 2019.

Dari hasil Pemilu Legislatif 2019 komposisi kursi di DPRD Sumbar terdiri dari partai Gerindra mendapatkan 14 kursi, PKS, Demokrat dan PAN masing-masing 10 kursi.

Sementara itu Partai Golkar delapan kursi, PPP empat kursi, NasDem, PDI-P dan PKB masing-masing tiga kursi.

Pimpinan DPRD Sumbar periode 2019-2024 sendiri sesuai dengan partai yang memiliki jumlah kursi terbanyak. Hasilnya Partai Gerindra dapat menempatkan satu kadernya sebagai Ketua DPRD Sumbar

Kemudian untuk Wakil Ketua DPRD dimiliki oleh PKS, PAN dan Partai Demokrat.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar