Pusat shalat Idul Adha Sumbar di halaman kantor gubernur

id Shalat Ied,Idul Adha,Sumbar,Biro Humas Sumbar

Pusat shalat Idul Adha Sumbar di halaman kantor gubernur

Kepala Biro Humas Sekdaprov Sumbar Jasman Rizal (ist) (ist/)

Padang (ANTARA) - Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 Hijriah tingkat Provinsi Sumatera Barat, 11 Agustus 2019, dipusatkan di halaman Kantor Gubernur setempat dengan Masjid Raya Sumbar sebagai lokasi alternatif jika cuaca buruk.

"Persiapan untuk dua tempat itu dilakukan mulai Sabtu. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri lalu akan jadi bahan evaluasi pelaksanaan Shalat Idul Adha ini," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal di Padang, Jumat.

Shalat Idul Adha akan dimulai pukul 07.00 WIB, dan akan diawali dengan laporan Ketua PHBI Sumbar Alwis dan sambutan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Tahun ini yang bertindak sebagai imam adalah Bakri, SIQ, S.Ag, M.Pd.I. sedangkan khatib akan disampaikan oleh Dr.H. Syukri Iska, M.Ag.

Usai pelaksanaan shalat, juga akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban dari Gubernur, Wagub, Sekda serta seluruh kepala SKPD Pemprov Sumbar sebanyak tujuh ekor sapi di kompleks Gubernuran, Jln. Jenderal Sudirman, Padang.

Pemotongan hewan kurban juga akan digelar di Masjid Raya Sumbar, namun hanya dikhususkan untuk satu ekor hewan kurban sumbangan Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar Erinaldi mengatakan sapi kurban Presiden itu saat ini semakin bertambah beratnya dari awalnya 1,07 ton menjadi 1,2 ton.

"Sekarang masih di kandang pemilik di Agam. Malam minggu dibawa ke Padang," katanya.

Data Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar, jumlah hewan kurban di provinsi itu tahun ini diperkirakan sebanyak 46 ribu ekor, tidak jauh berbeda dengan jumlah hewan kurban tahun 2018.

Pasokan hewan kurban tahun ini didatangkan dari Pesisir Selatan, Dharmasraya dan Solok Selatan serta beberapa daerah lain di Sumbar dan juga dari luar Sumbar.