RAPI siap bantu mitigasi bencana dan majukan pariwisata Pesisir Selatan

id Rapi pesisir selatan

Ppelantikan Pengurus RAPI Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat periode 2019-2023 dilantik di salah satu gedung di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Sabtu.

"Mulai hari ini mari kembali kita rajut tali silaturahim dan kuatkan barisan demi kejayaan RAPI Pesisir Selatan," kata Ketua RAPI Pesisir Selatan, Okiawarman usai pelantikan.

Kedepan katanya RAPI Pesisir Selatan siap memberikan sumbangsih kepada pemerintah kabupaten dalam berbagai hal, mulai dari pengembangan pariwisata hingga mitigasi bencana.

"Melalui radio handy talkie kami siap menyampaikan informasi dan menyebarluaskannya, informasi ini bisa dijadikan oleh pejabat daerah dalam mengambil keputusan," imbuhnya.

Pengurus RAPI Pesisir Selatan 2019-2023 dilantik oleh Wakil Ketua RAPI Sumbar, Yona Tanjung dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah setempat serta perwakilan pengurus RAPI se-Sumatera Barat.

Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi yang hadir dalam kesempatan itu, menyebutkan RAPI memegang peranan penting di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini.

Menurutnya peran RAPI hingga saat ini belum tergantikan terutama saat terjadinya bencana besar seperti gempa dengan kekuatan 7,6 skala richter yang melanda Kota Padang pada 2009 hingga tsunami di Mentawai pada 2010.

"Saat dua bencana itu terjadi telepon seluler kehilangan fungsinya karena jaringan tidak tersedianya. RAPI dengan radio handy talkie menyampaikan data dan informasi valid sehingga penanganan bencana berlangsung dengan maksimal," sebutnya.

Pada pelantikan tersebut, selain dilantik Ketua RAPI Pesisir Selatan, Okiawarman JZ03NOT, juga dilantik sekretaris, Reky Putra Gunawan JZ03NRI, wakil ketua I, Mufti Joni JZ03NPS, wakil ketua II, Wandi Jusri, JZ03NWD, wakil ketua III, Hendro Kurniawan, JZ03NHK dan pengurus lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar