Bupati Agam Minta Pengguna Jalan Tertib Lalu Lintas saat Mudik

id indra catri

Bupati Agam Minta Pengguna Jalan Tertib Lalu Lintas saat Mudik

Bupati Agam Indra Catri saat meninjau kesiapan sejumlah tempat wisata di daerah itu. (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubuk Basung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri mengajak warga untuk mematuhi aturan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah agar tidak macet karena kendaraan cukup banyak melewati daerah itu.

"Tolong tertib di jalan dan berikan kesempatan bagi pengendara khususnya dari daerah lain," katanya di Lubukbasung, Sabtu.

Bupati dua periode ini memprediksi arus lalu lintas di daerah itu sangat tinggi saat Lebaran 2019, mengingat bahwa harga tiket pesawat terbang sangat tinggi, sehingga para perantau memilik mudik menggunakan jalur darat.

Sementara ukuran jalan di daerah itu sangat kecil, sehingga berpotensi terjadinya kemacetan dan kecelakaan. "Kendaraan akan banyak melewati Agam dan pada umumnya berasal dari luar Sumbar," tegasnya.

Ia menambahkan bagi warga yang mudik ke kampung halaman diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara memastikan pintu sudah terkunci. Selain itu memastikan api kompor dalam keadaan padam dan lainnya.

"Ini harus dilakukan agar tidak menjadi korban pencurian dan kebakaran," katanya.

Pemerintah setempat membangun tujuh pos taktis dalam mengantisipasi kemacetan dan memberikan pertolongan saat kecelakaan. Posko itu berada di Simpang Gudang Manggopoh, Kelok 1, Kelok 32, Kelok 44, Padaang Lua, Koto Alam dan Baso. Selain itu juga ada pos pelayanan di pusat keramaian, objek wisata dan pasar tradisional.