Tim Safari Ramadhan Kabupaten Solok kunjungi jamaah masjid Nurul Iman

id TSR Kabupaten Solok

Tim Ramadhan XI Kabupaten Solok memyerahkan bantuan uang senilai Rp10 juta kepada pengurus masjid Nurul Iman, Nagari Rangkiang Luluih. (Antara/Tri Asmaini)

Arosuka, (ANTARA) - Tim XI Safari Ramadhan Kabupaten Solok, Sumatera Barat menyerahkan bantuan Rp10 juta untuk pembangunan dan kegiatan masjid, dan jam digital ukuran besar kepada pengurus masjid Nurul Iman, Nagari Rangkiang Luluih, Kecamatan Tigo Lurah ketika berkunjung pada Kamis malam (9/5)

Ketua Pengadilan Agama Koto Baru, Kabupaten Solok, sebagai ketua rombongan, Muhammad Ismet mengatakan kunjungan tersebut selain memberikan bantuan juga untuk menyampaikan program pembangunan Kabupaten Solok dan menerima aspirasi dari masyarakat.

"Selain itu, sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat pada bulan ramadhan ," ujarnya di Nagari Rangkiang Luluih, Kecamatan Tigo Lurah, Kamis malam.

Pada kesempatan itu, Ia juga menyampaikan beberapa pesan Bupati untuk mendekatkan diri kepada Allah selama bulan ramadhan.

"Alhamdulillah anak-anak disini melaksanakan magrib mengaji dan semoga juga melakukan Subuh berjamaah," ujarnya.

Para orang tua diharapkan menjaga, mengawasi, dan mendidik anak-anak agar terhindar dari narkoba, pergaulan bebas, LGBT, dan hal-hal terlarang lainnya, sebutnya.

Menurutnya, setiap nagari harus melaksanakan Adat Bersandi Syarak Syarak Bersandi Kitabullah, untuk membina adat dan perilaku kemenakan agar tidak terjerumus pada hal yang tidak diinginkan.

Ia juga mengajak masyarakat agar bersyukur sudah dipertemukan dengan bulan ramadhan dengan sering membaca Alquran, hidup sederhana dan jauh dari mubazir.

Muhammad juga menyebutkan berbagai program pemerintah yang sudah berjalan seperti sudah ada 17 Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) di Kabupaten setempat dan lainnya.

Sementara Wali Nagari Rangkiang Luluih, Abu Tasaf mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim safari ramadhan yang telah datang jauh ke nagari tersebut.

"Kami akan memperbesar masjid ini, untuk itu mohon bantuan moril dan materil agar masjid ini bisa dibangun dan terdaftar di Kabupaten Solok," ujarnya.

Wali nagari juga meminta tolong untuk melakukan pelebaran jalan di Jorong Kapujan untuk lebih memudahkan transportasi masyarakat.

Selain itu tim XI, diikuti Kepala Dinas Pariwisata Yandra, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Deni Prihatni, Anggota DPRD Nosa Eka Nanda dan Suhendri.

Kemudian Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edwar, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Irwan Effendi, Pimpinan Cabang Mandiri Syariah Herlian Agung Fahmi dan lainnya.

Sebelumnya, Pemkab Solok menyiapkan 14 tim safari ramadhan untuk mengunjungi sekitar 39 lebih masjid yang sudah ditentukan selama tiga hari dari 8 hingga 10 Mei 2019. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar