Logistik pemilu tiga kecamatan terjauh di Solok Selatan mulai didistribusikan

id logistik pemilu,solok selatan,sumbar

Petugas KPU Solok Selatan membungkus kotak suara yang berisikan semua logistik dengan plastik untuk keamanan sebab dalam pendistribusiannya di daerah Lubuk Ulang Aling harus menggunakan jalur air. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 untuk tiga kecamatan terjauh dari gudang penyimpanan pada Senin.

Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita di Padang Aro, Senin, mengatakan pendistribusian logistik pemilu daerah terjauh itu yakni Kecamatan Sangir Batang Hari, Sangir Balai Janggo, dan Sangir Jujuan.

"Pendistribusian logistik Pemilu 2019 hari ini hanya untuk dapil II karena wilayah tersebut ada daerah yang harus menyeberangi sungai, dan jalan perkebunan sehingga dilakukan lebih awal," ujarnya.

Dia mengatakan untuk Kecamatan Sangir Batang Hari ada beberapa TPS yang harus menelusuri aliran sungai Batang Hari untuk menjangkaunya sehingga logistik harus dibungkus plastik.

Pendistribusian logistik katanya, baru sampai kecamatan dan untuk Lubuk Ulang Aling baru pada Selasa (16/4) dibawa oleh PPK ke TPS.

Untuk mendistribusikan logistik di tiga kecamatan ini, pihaknya menggunakan tujuh unit truk dengan rincian tiga unit untuk Sangir Balai Janggo, dan dua unit untuk Sangir Batang Hari.

Truk yang digunakan untuk pendistribusian logistik lantainya dialasi kardus dan tumpukan kotaknya hanya tiga tingkat.

Sedangkan lima kecamatan lagi katanya, akan didistribusikan pada Selasa (16/4) karena aksesnya tidak terlalu jauh dan cukup mudah dijangkau.

"Kalaupun saat pendistribusian turun hujan tidak akan terlalu mengganggu, sebab hampir semua lokasinya bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat," ujarnya.

Ia menyebutkan pendistribusian logistik untuk empat kecamatan dilakukan pada satu hari jelang pemilihan demi menjaga keamanan logistik.

"Kami khawatir kalau kotak suara terlalu lama di kecamatan bisa rusak dan pendistribusian satu hari menjelang pencoblosan guna mengantisipasi hal ini," katanya.

Surat suara yang sebelumnya kurang sudah datang pada Sabtu, dan petugas telah menuntaskan pelipatan pada Senin Subuh agar paginya bisa didistribusikan.

Saat ini di gudang II KPUSungai Lambai masih dilakukan proses muat logistik Pemilu.

logistik yang dikirim meliputi surat suara, bilik suara, kotak suara, spidol, id card, tinta dan kelengkapan TPS lainnya.

Dia menambahkan sebanyak 1.583 orang mengajukan pindah memilih yang tersebar di 331 TPS dengan berbagai alasan.

"Setelah melakukan beberapa kali pemutakhiran sekarang total pemilih Solok Selatan sebanyak 114.952 orang," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar