Alokasi PKH Pesisir Selatan meningkat 100 persen

id Program Keluarga Harapan,Alokasi PKH Pesisir Selatan,PKH Pesisir Selatan

Koordinator PKH Kabupaten Pesisir Selatan, Pengki Satriawan bersama Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pesisir Selatan, Zulfian Afrianto. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Alokasi anggaran untuk Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 2019 mencapai Rp60 miliar naik dibanding 2018 yang hanya Rp28,5 miliar.

"Naiknya lebih dari 100 persen," kata Koordinator PKH Kabupaten Pesisir Selatan, Pengki Satriawan di Painan, Selasa.

Kendati demikian ungkapnya, jumlah keluarga penerima manfaat dari bantuan tersebut tahun ini lebih sedikit jika dibanding 2018.

Pada 2018 tercatat 16.318 keluarga penerima manfaat yang menerima kucuran anggaran, sementara tahun ini keluarga penerima manfaat hanya 15.905 saja.

Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor mulai dari mundurnya keluarga penerima manfaat dari kepesertaan karena merasa perekonomian sudah membaik, hingga tidak lagi masuk dalam kategori penerima.

"Itu bedanya program PKH 2018 dengan 2019, pada 2018 masing-masing keluarga penerima manfaat mendapat Rp1.890.000 per tahun sementara tahun ini tidak begitu penerima ditentukan berdasarkan kriteria," ujarnya.

Kriteria tersebut ialah adanya ibu hamil, balita, anak yang duduk di bangku sekolah dasar, SMP, SMA, lansia dan disabilitas.

Jika tidak memiliki salah satu kriteria maka keluarga penerima manfaat tidak bisa menerima kucuran anggaran PKH.

Sementara pencairan anggaran antara 2018 dengan 2019 masih sama yakni dicairkan per triwulan.

"Tahun ini pencairan triwulan pertama sudah selesai dengan total anggaran yang dikucurkan mencapai Rp22,1 miliar," katanya.

Sementara pencairan tahap ke dua sudah dimulai, pencairan pertama di laksanakan di Kecamatan Koto XI Tarusan dengan sasaran 1.768 keluarga penerima manfaat dan anggaran yang dikucurkan mencapai Rp1,5 miliar.

Selanjutnya dilaksanakan secara bertahap ke kecamatan lain di Pesisir Selatan, pihaknya menargetkan akhir April 2019 penyaluran triwulan kedua selesai dilaksanakan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar