"Semata" 2024 Tuntas, Keluarga Syahrial dari Padang Besi Punya Rumah Lebih Nyaman

id Padang, Hendri Septa

"Semata" 2024 Tuntas, Keluarga Syahrial dari Padang Besi Punya Rumah Lebih Nyaman

Wali Kota Padang, Hendri Septa galakkan program semata bantu masyarakat kurang mampu. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Menjelang Idul Fitri 1445 H, Program "Semata" 2024 tuntas di penghujung Ramadan, Jumat, (5/4/2024). Kali ini menyasar keluarga Syahrial di Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan.

Keluarga yang hanya terdiri dari ayah dan dua orang anak ini siap mendiami rumah yang lebih layak dan nyaman usai lebaran nanti. Syahrial, dalam kesehariannya bekerja sebagai buruh lepas mengungkapkan rasa senangnya menjadi bagian menerima manfaat program "Semata" Kali ini.

Di dalam rumah lebih kurang 4x4 meter dengan lantai semen kasar, ia dan kedua anaknya Jihan, dan Rahmat, berteduh. Jika musim hujan, hawa dingin akan kentara terasa begitupun saat panas.

Tidak ada dapur dan kamar mandi di rumahnya. Jika ingin memasak, Syahrial harus memanfaatkan ruangan yang juga merupakan tempat istirahatnya menjadi perapian.

Usai menyambangi kediaman Syahrial, Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Baznas dan jajaran menyampaikan harapannya atas manfaat dari program ini. Menurutnya, program bedah rumah yang merupakan rangkaian dari "Semata" sebaiknya terus ada dari tahun ke tahun.

"Ini tahun keempat program Semata, dan baru ada 44 rumah warga yang sudah kita bedah. Terakhir dalam rangkaian Semata tahun ini, Bapak Syahrial yang akan mendapat manfaat. Alhamdulillah, Semata sudah tuntas tahun ini," tuturnya.

Namun, Syahrial akan menempatu rumah barunya Usai lebaran. Sebab, perbaikan rumahnya akan dilakukan setelah lebaran.

Usai menyambangi Padang Besi, keluarga Syahrial diboyong Hendri Septa ke salah satu pusat perbelanjaan di Kota Padang, untuk membeli sejumlah kebutuhan pokok dan keperluan harian menyambut Idul Fitri.

Syahrial bersama kedua anaknya dibawa berbuka bersama di Rumah Wali Kota Padang. Kemudian menginap dan diakhiri dengan sahur bersama.

Usai berbuka bersama, keluarga Syahrial juga mendapatkan berbagai bingkisan dari Pemko Padang, dan Baznas Kota Padang. Tidak lupa bingkisan dari Bank Nagari yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Ny, Genny Hendri Septa.*