Pertamina salurkan CSR benahi satu masjid dan dua musala di Sumbar

id Pertamina,CSR

PT Pertamina menyerahkan bantuan berupa dana CSR terhadap satu masjid dan dua musala di tiga daerah di Sumatera Barat dengan nilai total Rp450 juta di Kabupaten Padang Pariaman,Sabtu (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang Pariaman, (ANTARA) - PT Pertamina menyalurkan dana Corporate Social Responsibility(CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk membenahi tiga masjid dan musala di tiga daerah di Sumatera Barat.

Senior Analis CSR PT Pertamina Eli Chandra Parangin Angin di Padang Pariaman, Sabtu mengatakan pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp450 juta untuk ketiga masjid dan musala tersebut, masing-masing berada di Kabupaten Padang Pariaman, Solok Selatan dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ia mengatakan program ini juga bertujuan untuk mempersiapkan bangunan masjid dan musala untuk masyarakat yang akan menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, dengan adanya pembangunan tentunya akan membuat jamaah masjid dan musala lebih nyaman dalam menjalankan ibadah.

Menurut dia program CSR dalam bentuk bedah masjid, musala dan rumah ibadah juga dilakukan di seluruh Indonesia. Biasanya ada yayasan yang mengajukan permohonan kepada Pertamina lalu tim akan melakukan survei untuk menentukan tingkat kelayakan untuk dibantu.

“Setelah survei, kami langsung kucurkan bantuan pembangunan dan untuk di Sumbar bantuan difasilitasi oleh Yayasan Baitul Amal Lapai dan kami mengucapkan terima kasih atas fasilitasi ini,” kata dia.

Menurut dia Pertamina dalam memberikan CSR selalu berlandaskan empat pilar yaitu bidang pendidikan, lingkungan, infrastruktur dan kesehatan publik.

“Kami berharap tentu dana ini akan membentuk masyarakat lebih giat beribadah di masji dan musala mereka sehingga ketaqwaan mereka semakin meningkat,” kata dia.

Sementara Ketua Pembina Yayasan Baitul Amal Lapai Hartind Asrin mengatakan pihaknya terus berupaya memperbaiki masjid, musala dan surau dengan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kali ini kami menjalin kerja sama dengan PT Pertamina untuk memperbaiki bangunan musala di Musala Baiturrahman di Kanagarian Limau Purut Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman,” kata dia.

Sebelumnya pihaknya juga menggandeng PT PLN untuk memberikan bantuan bedah masjid dan musala di 12 kabupaten kota di Sumatera Barat.

Bantuan tersebut disebar di desa-desa dan nagari yang memiliki jamaah cukup banyak namun masjid, musala dan surau mereka belum cukup memadai. Bantuan itu terdiri dari bantuan ringan sebesar Rp8 juta atau Rp10 juta dan Rp15 juta untuk setiap masjid atau musala atau surau.

“Sejauh ini sudah ada 50 masjid, musala dan surau yang dibantu dan harapannya pada bulan Ramadhan nanti mereka semakin nyaman dan khusuk menjalankan ibadah,” katanya.

Sekretaris Camat V Koto Timur Beniman SC mengucapkan terima kasih atas bantuan PT Pertamina dan dirinya berharap tokoh nasional dapat memberikan kontribusi kepada daerah .

“Kami berharap tokoh nasional asal Sumbar dapat memberikan perhatian kepada daerah dan mendorong daerah menjadi ikut maju,” katanya.

Sementara tokoh masyarakat Kanagarian Limau Purut Afrian Rajo Mudo mengatakan sebagai niniak mamak dirinya mengucapkan syukur dan terima kasih atas bantuan renovasi oleh PT Pertamina.

Ia berharap bantuan ini tidak hanya datang sekali ini saja namun dapat berlangsung secara berkelanjutan. Menurut dia Musala Baiturrahman ini memiliki jamaah yang terdiri dari 30 kepala keluarga dan bantuan ini tentu sangat membantu.

“Bantuan ini akan diperuntukkan untuk pembangunan tempat berwudu yang akan memudahkan jamaah beribadah di musala ini,” katanya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar