Sumbar panggil qori/qoriah "veteran" perkuat kafilah MTQ Nasional 2020

id wagub nasrul abit,MTQ Nasional 2020

Sumbar panggil qori/qoriah "veteran" perkuat kafilah MTQ Nasional 2020

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berdiskusi dengan Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri di Padangpariaman. (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Qori dan Qoriah potensial yang memperkuat kafilah Sumatera Barat pada MTQ Nasional 2018 akan dipanggil kembali untuk melengkapi kafilah provinsi itu saat berlaga pada ajang dua tahunan itu 2020.

"Mereka yang berprestasi pada 2018, kita panggil lagi. Digabung dengan Qori dan Qoriah hasil seleksi MTQ Provinsi 2019 agar kafilah lebih kuat," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu terkait upaya Sumbar meraih prestasi saat menjadi tuan rumah MTQ Nasional 2020.

Menurutnya sebagai tuan rumah sangat wajar jika Sumbar menargetkan sukses pelaksanaan dan sukses dalam prestasi.

Sukses pelaksanaan dipacu dengan menyiapkan infrastruktur pendukung, salah satunya stadion utama untuk pembukaan di Padangpariaman.

Sementara sukses prestasi dengan meningkatkan kemampuan dan kapasitas Qori dan Qoriah melalui pelatihan yang lebih fokus dan panjang.

Prestasi Sumbar merosot tajam pada MTQ ke-27 di Medan 2018 dengan hanya bertengger di peringkat 14 atau turun tujuh tingkat dari MTQ Nasional ke-26 di Mataram Nusa Tenggara Barat pada 2016.

Penurunan prestasi itu menjadi salah satu evaluasi agar tidak berlanjut pada MTQ nasional ke-28 pada 2010. Apalagi Sumbar adalah tuan rumah.

"Kita persiapkan semuanya sejak dini," katanya.

Sementara itu MTQ Privinsi 2019 sebagai salah satu ajang seleksi bagi Qori dan Qoriah rencananya akan dipercepat pelaksanaannya pada Maret atau April di Kota Solok.

Hanya saja, rencana percepatan itu bisa saja berubah menimbang kesiapan Kota Solok sebagai tuan rumah. (*)