TASPEN serahkan tabungan hari tua mantan Wagub Sumbar

id Taspen, nasrul abit, THT, e-klim, inovasi aplikasi,berita sumbar,berita padang

TASPEN serahkan tabungan hari tua mantan Wagub Sumbar

Branch Manager TASPEN Padang, Ahmad Suranto menyerahkan manfaat THT kepada mantan Wakil Gubernur Nasrul Abit. (Antara/HO-taspen)

Padang, (ANTARA) - PT. TASPEN Cabang Padang kembali memberikan layanan proaktif kepada mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021, Nasrul Abit, berupa penyerahan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) yang diserahkan langsung oleh Branch Manager TASPEN Padang, Ahmad Suranto.

Dalam keterangannya di Padang, Jumat (26/3), Ahmad mengatakan Bapak Nasrul Abit diberikan manfaat THT sebagai Pejabat Negara.

Sementara itu, untuk dana pensiun yang bersangkutan akan dibayarkan setelah ada Surat Keputusan (SK) Pensiun yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Lebih lanjut lagi Ahmad menjelaskan bahwa TASPEN sebagai satu-satunya BUMN yang mengelola program jaminan sosial bagi ASN dan Pejabat Negara berkomitmen kepada pesertanya untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik.

Hal ini dibuktikan dengan peluncuran sejumlah aplikasi yang dapat memudahkan para pesertanya dalam memperoleh layanan, seperti aplikasi Taspen Mobile yang memudahkan ASN apabila ingin mengetahui estimasi THT nya serta informasi menarik lainnya, seperti diskon belanja yang bisa digunakan di gerai-gerai yang bekerjasama dengan TASPEN.

Branch Manager TASPEN Padang, Ahmad Suranto dengan karyawan foto bersama dengan mantan Wakil Gubernur Nasrul Abit usai penyerahan manfaat THT. (Antara/HO-taspen)
Lalu, ada aplikasi Otentikasi Digital yang memungkinkan para pensiunan untuk mengambil dana pensiunnya melalui ATM, tanpa perlu “lapor diri” ke kantor bayar pos atau bank.

“Ada juga layanan e-klim yang bisa diakses para peserta ataupun keluarganya saat hendak mengajukan klaim tanpa perlu mengantar berkas langsung ke kantor TASPEN, apalagi di masa pandemi saat ini dimana kegiatan keluar rumah sangat dibatasi,”ujarnya.

Saat ini, TASPEN mengelola empat program perlindungan bagi ASN yang terdiri dari Program Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

Selain itu, TASPEN juga memberikan perlindungan kepada pegawai non ASN dan non PPPK yang bertugas pada instansi pemerintah sesuai dengan UU ASN No.5 Tahun 2014 dan PP No.49 Tahun 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Nasrul Abit menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada TASPEN karena layanan proaktifnya sangat memudahkan peserta dalam mendapatkan manfaatnya.

Nasrul berharap agar kedepannya TASPEN semakin memberikan layanan terbaik bagi para pesertanya. (*)

Branch Manager TASPEN Padang, Ahmad Suranto menyerahkan manfaat THT kepada mantan Wakil Gubernur Nasrul Abit. (Antara/HO-taspen)