Supardi : Sumbar kehilangan sosok negarawan di diri Nasrul Abit

id DPRD Sumbar,Padang,Sumbar,Nasrul Abit

Supardi : Sumbar kehilangan sosok negarawan di diri Nasrul Abit

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi bersama rombongan mengunjungi rumah mantan Gubernur Sumbar Alm Nasrul Abit dalam kegiatan takziah. (ANTARA/ HO DPRD Sumbar)

Painan (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi mengatakan daerah ini kehilangan sosok negarawan sejati yang ada dalam diri Alm Nasrul Abit dan patut menjadi teladan bagi generasi muda di provinsi ini.

"Almarhum merupakan negarawan yang baik, saya bersaksi akan hal itu. Seluruh kesan baik yang ditinggalkan dalam menjalankan roda pemerintahan, bisa dijadikan rujukan untuk pembangunan yang lebih baik," kata dia di Painan, Minggu.

Hal tersebut diungkapkannya saat berkunjung ke rumah duka mantan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nasrul Abit, Di Nagari Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (29/8).

Ia menilai Sumbar masih membutuhkan ketokohan Nasrul Abit sehingga dalam beberapa waktu terakhir dirinya sering melakukan diskusi bersama dalam mengambil arah kebijakan secara kelembagaan, bahkan Nasrul Abit direncanakan bisa membantu DPRD Sumbar dalam kapasitas tenaga ahli.

Dengan adanya sosok mantan wakil gubernur itu dalam jajaran kelengkapan dewan, dapat menghidupkan suasana kerja yang lebih optimal.

"Rencana itu tidak terlaksana, karena tuhan berkehendak lain," katanya

Ia mengungkapkan, banyak kebijakan strategis yang diputuskan bersama Almarhum Nasrul Abit saat menjalani tugas sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah baik itu, produk hukum daerah (perda) maupun penganggaran.

Menurut dia suatu kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah provinsi dan DPRD saat Almarhum Nasrul Abit menjabat sebagai wakil gubernur, memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan harmonisasi yang telah dibangun selama ini, terus berlanjut meski telah mengalami pergantian.

Supardi meminta maaf atas ketidak hadiran dalam proses pemakaman, meski demikian tetap memberikan doa terbaik. Semua yang bernyawa akan dipanggil oleh Allah SWT, tinggal menunggu waktu saja.

"Untuk ketiga anak yang ditinggal semoga diberi ketabahan, meski demikian silaturahmi harus tetap terjaga, secara pribadi almarhum adalah sosok sahabat kakak bahkan teman yang baik," katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi oleh dua orang pejabat struktural sekretariat, dan pada waktu bersamaan Bupati Kabupaten Kerinci Adirozal juga hadir di rumah duka.

Dia mengatakan banyak masukan yang diberikan dalam menjalani peran sebagai unsur eksekutif, waktu Almarhum Nasrul Abit menjadi Wakil Bupati Pesisir Selatan, dirinya juga Wakil Walikota Padang Panjang.

Banyak nasihat yang diberikan, jangan macam-macam tetaplah jujur. Salah satu hal paling berkesan sebelum wafat adalah almarhum rela bersusah-susah untuk menjalin silaturahmi, meski waktu tidak cukup banyak.

Sementa itu istri almarhum Nasrul Abit Wartawati mengatakan nilai-nilai agama selalu ditanamkan dalam memimpin keluarga. Banyak perubahan selama menjadi istri almarhum, selalu berpikir positif kepada semua orang termasuk lawan politiknya.

Nasrul Abit meninggal dalam usia 66 tahun dengan meninggalkan seorang istri, yakni Wartawati, dan empat orang anak, yakni Nia Widyanti, Denis Saputra, dan Nasta Oktavian.

Adik kandung Nasrul Abit, Yusuf Abit mengatakan mohon dimaafkan kesalahannya, doakan agar diberikan tempat yang layak disisiNya.(*)