Kota Solok raih penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018 kategori kota kecil

id Zul Elfian

Kota Solok raih penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018 kategori kota kecil

Wali Kota Solok, Zul Elfian menerima penghargaan Indeks Kota Cerdas kategori kota kecil. (Ist)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Kota Solok, Sumatera Barat, meraih penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 untuk kategori kota kecil yang diterima Wali Kota Zul Elfian dari CEO Kompas Grup Media Andi Budiman di Komplek Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu.

CEO Kompas Media Andi Budiman mengatakan Survei Indeks Kota Cerdas merupakan kegiatan yang digagas Harian Kompas sejak 2015. Dengan melakukan penilaian terhadap kota-kota otonom melalui serangkaian tolok ukur dan metode yang bersumber dari data valid Badan Pusat Statistik, dan beberapa institusi lainnya.

"Penghargaan Indeks Kota Cerdas ini merupakan apresiasi bagi Kota-kota yang telah berhasil menerapkan konsep kota cerdas," ujarnya.

Ia menjelaskan kota cerda yang dimaksud dimana pengelolaan kota selayaknya didesain untuk menjawab tantangan bagaimana meningkatkan kualitas penduduk mulai dari keamanan, kenyamanan hingga peningkatan kecerdasan.

Penghargaan ini diharapkan bisa memberikan aspirasi bagi kota-kota lainnya agar ikut bergerak mencari solusi cerdas atas segala macam permasalahan yang ada di perkotaan.

Dalam pemeringkatannya pada skala 1-100, Kota Solok mendapatkan skor 51,64 dengan skor terbanyak dari aspek masyarakat senilai 13,3 disusul dengan aspek kualitas hidup dengan skor 9,12 dan skor 7,37 untuk aspek lingkungan.

Sementara untuk aspek ekonomi 5,63, aspek pemerintahan 5,36 dan 5,30 untuk aspek mobilitas.

Wali Kota Solok Zul Elfian hadir didampingi Kepala Subbag Penghubung dan kerja sama rantau bagian Humas Protokol Setda Kota Solok, Yopi Permana, dan Sekretaris Diskominfo Lusya Adelina.

Zul Elfian menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh instansi terkait yang memberikan telah kontribusi terbaiknya dalam pencapaian penghargaan ini, beliau berharap pada edisi Indeks Kota Cerdas kedepan Peringkat Kota Solok harus lebih baik dari saat ini.

"Dengan upaya memaksimalkan kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat secara umum dan khusus dengan memetakan, menetapkan serta memaksimalkan prioritas variabel penilaian indeks kota cerdas tersebut, kami berharap kedepannya Kota Solok bisa lebih baik," ujarnya. (*)