Jalan penghubung antarkecamatan di Padang Pariaman amblas

id jalan amblas

Jalan penghubung antarkecamatan di Padang Pariaman amblas

Sejumlah kendaraan melintasi jalan antar kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat yaitu di Korong Durian Gaduang, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampuang Dalam, Minggu (16/12). (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Jalan penghubung antarkecamatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat yaitu di Korong Durian Gaduang, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampuang Dalam amblas semenjak dua bulan lalu.

"Amblasnya jalan ini diperparah pada Senin (10/12) karena hujan deras," kata Wali Korong Durian Gaduang, Markoni di V Koto Kampuang Dalam, Selasa.

Jalan tersebut menghubungkan Kecamatan Sungai Geringging, V Koto Kampung Dalam dengan V Koto Timur.

Ia mengatakan amblasnya jalan tersebut karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah itu.

"Sedangkan selokan jalan tidak ada, sehingga air menuju sisi jalan yang merupakan jurang," katanya.

Akibat amblasnya jalan tersebut jalur antar kecamatan itu tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat.

Ia mengatakan pihak Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah meninjau lokasi jalan amblas tersebut dan berdasarkan informasi yang diperoleh jalur itu akan diperbaiki pada 2019.

Salah seorang warga setempat, Yuhelmi (53) mengatakan sewaktu pengerjaan jalan ia telah meminta kepada pekerja untuk membuat selokan.

"Namun tidak digubris sehingga ketika hujan air dari hulu menuju ke sisi jalan yang merupakan jurang," kata dia.

Akibatnya, lanjutnya kekutan tanah jurang berkurang sehingga terjadi longsor.

Ia berharap pihak terkait segara memperbaiki jalan tersebut serta membuat selokan agar tidak terjadi hal yang sama, apalagi sisi jalan lainnya juga longsor.

Selain jalan tersebut, di daerah Batang Piaman di V Koto Timur juga terjadi jalan amblas sehingga tidak bisa dilintasi oleh kendaraan roda empat.(*)