Bakal ada madrasah berbasis wisata di Pesisir Selatan

id Madrasah berbasis wisata

Bakal ada madrasah berbasis wisata di Pesisir Selatan

Suasana di MTsN 1 Pesisir Selatan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tengah menyiapkan madrasah berbasis wisata sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada pelajar selama mengikuti proses belajar mengajar.

"Madrasah berbasis wisata sangat mungkin diwujudkan di MTsN 1 Pesisir Selatan karena lingkungannya yang mendukung," kata Kepala MTsN 1 Pesisir Selatan, Masni di Painan, Selasa.

Mewujudkannya, sesuai rencana di belakang madrasah yang menyabet juara tiga lomba sekolah sehat nasional 2018 tersebut akan dibangun taman dan gazebo.

Di lokasi pelajar bisa menikmati keindahan Bukit Langkisau, Pantai Sago yang indah hingga Samudera Hindia yang maha luas.

Upaya mewujudkan madrasah berbasis wisata juga dimaksud untuk mengusir rasa jenuh pelajar sehingga mereka maksimal mengikuti setiap mata pelajaran.

"Setiap harinya suasana itu dan itu lagi yang dilihat dan dirasakan pelajar sehingga tidak menutup kemungkinan sebagian dari mereka akan merasa jenuh, jika hal itu berlarut-larut otomatis mereka tidak akan maksimal menyerap ilmu yang diberikan," sebutnya.

"Selain itu jika pelajar sudah nyaman di madrasah mereka tidak akan berkeinginan untuk bolos," katanya.

Pembangunan taman dan gazebo dilakukan secara mandiri dengan melibatkan semua pelajar, hal itu dimaksud agar terbangun rasa kompak dan rasa memiliki masing-masing pelajar.

"Dengan begitu kami yakin taman dan gazebo akan terus dijaga bukan karena takut kepada jajaran guru namun karena pelajar memiliki rasa memilikinya," katanya lagi.

Selain meraih peringkat tiga nasional sebagai sekolah sehat, pada 2016 madrasah yang didirikan pada 1978 itu juga meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional 2016. (*)