Bawaslu Agam ajak masyarakat awasi proses pemilu 2019

id Elvys

Bawaslu Agam ajak masyarakat awasi proses pemilu 2019

Ketua Bawaslu Agam Elvys membuka sosialisasi pengawasan pemilu legislatif, Pemilu presiden dan wakil presiden 2019  di Hotel Sakura Syariah Lubukbasung, Sabtu (15/12). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengawasi proses Pemilu 2019 agar berjalan aman, damai dan lancar.

"Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan agar tidak ada pelanggaran menjelang pelaksanaan Pemilu," kata Ketua Bawaslu Agam, Elvys saat sosialisasi pengawasan Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Lubukbasung, Sabtu.

Ia mengatakan masyarakat bisa mengawasi pelanggaran mulai dari tahapan kampanye sampai pemilihan pada 17 April 2019.

Selain itu bisa mencegah terjadinya pelanggan kampanye dan apabila tidak bisa, maka laporkan ke Bawaslu.

Selama tahapan kampanye, Bawaslu menerima satu laporan pelanggaran kampanye dari masyarakat terkait kampanye di sekolah.

"Dari hasil penyelesaian pelanggaran itu, tidak ditemukan unsur pelanggaran pidana," katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen menambahkan pemilihan anggota DPRD, DPR-RI, DPD-RI dan Presiden tinggal 123 hari atau empat bulan lagi.

"Dengan semakin dekatnya waktu pemilihan maka eskalasi politik makin meningkat," katanya.

Menurut dia pelanggaran tahapan Pemilu tidak saja dilakukan oleh peserta pemilu, tetapi juga dilakukan oleh penyelenggara, ASN dan lainnya.

Untuk itu dibutuhkan peran dari masyarakat dalam pengawasan tersebut, karena masyarakat tidak saja memberikan hak pilih di TPS, tetapi juga mengawasi tahapan penghitungan.

"Selama ini masyarakat hanya memberikan hak pilih, setelah itu mereka pulang. Ke depan diminta untuk mengawasi tahapan penghitungan," katanya.

Koordinator Sekretaris Bawaslu Agam Yuli Zamra mengatakan, sosialisasi pengawasan pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden 2019 dengan peserta 50 orang yang berasal dari organisasi kepemudaan, kelompok informasi masyarakat, mahasiswa, Komite Independen Pemantau, Polres Agam dan lainnya

Kegiatan yang digelar selama satu hari itu dengan narasumber Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, Dosen Sosiologi Politik Universitas Negeri Padang Eka Vidya Putra dan Devisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Agam Iska Asmarni.

"Dengan kegiatan ini diharapkan partisipasi aktif dan komitmen semua pihak dalam melakukan pengawasan Pemilu 2019," katanya.(*)