Festival burung berkicau diharapkan jadi agenda tahunan

id Festival burung,HUT Padang Panjang

Festival burung berkicau diharapkan jadi agenda tahunan

Festival Burung Berkicau di Padang Panjang, Minggu(25/11) (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Festival Burung Berkicau di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, yang dilaksanakan pada Minggu (25/11) diharapkan dapat menjadi agenda pariwisata tahunan di daerah itu.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul di Padang Panjang, Minggu, mengatakan Festival Burung Berkicau dilaksanakan sebagai rangkaian acara untuk menyambut Hari Jadi Kota (HJK) yang ke-228.

Hari Jadi Kota Padang Panjang jatuh pada 1 Desember dan telah ditetapkan dalam peraturan daerah (Perda) setempat Nomor 17 Tahun 2004.

"Jika event ini bisa dilaksanakan setiap tahun atau masuk kalender pariwisata daerah, bukan tidak mungkin bisa mendukung bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan karena bertambah pula event dalam kalender pariwisata," ujarnya.

Peningkatan kunjungan wisatawan juga akan berimbas pada meningkatnya perekonomian masyarakat karena setidaknya wisatawan akan berbelanja produk kerajinan atau mencicipi kuliner lokal.

Festival Burung Berkicau dilaksanakan di Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) memperebutkan hadiah berupa sepeda motor dan yang puluhan juta rupiah.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 1960 peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Sumatera seperti Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

Perlombaan berlangsung dalam beberapa tahap di mana para peserta menampilkan atraksi menarik dari burung peliharaannya. Selain sepeda motor dan uang puluhan juta, peserta juga memperebutkan piala wali kota Padang Panjang.

Festival tersebut terselenggara atas kerja sama pemerintah daerah setempat dengan Komunitas Kicau Mania Sumatera Ronggolawe. (*)