Pesisir Selatan tunjuk bapak angkat untuk setiap cabang olahraga Porprov

id Pelepasan atlet

Pesisir Selatan tunjuk bapak angkat untuk setiap cabang olahraga Porprov

Pelepasan atlet Pesisir Selatan ke Porprov ke XV Padang Pariaman. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menunjuk pejabat daerah setempat sebagai bapak angkat cabang olahraga yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XV di Kabupaten Padang Pariaman.

"Penunjukan bapak angkat dimaksudkan agar yang bersangkutan mampu menambah motivasi atlet yang bertanding," kata Bupati setempat, Hendrajoni di Painan, Senin.

Selain itu bapak angkat juga akan memantau persiapan atlet hingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi atlet selama pertandingan berlangsung.

Sehingga kegagalan cabang olahraga selama pertandingan tidak hanya beban atlet dan pelatihnya, namun juga bapak angkatnya sekaligus.

Kendati demikian ia memastikan jabatan baru pejabat daerah sebagai bapak angkat cabang olahraga tidak akan mengganggu tugas rutinnya.

"Hal ini juga kami laksanakan pada Porprov ke XIV di Kota Padang pada 2016. Alhasil kontingen Pesisir Selatan mampu mencatatkan rekor terbaik," sebutnya.

Waktu itu kontingen Pesisir Selatan mampu menggeser posisi dari peringkat 12 menjadi peringkat lima se-Sumbar dengan menyabet 48 emas, 40 perak dan 72 perunggu.

Beberapa pejabat yang ditunjuk menjadi bapak angkat cabang olahraga di antaranya Kepala Dinas Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran sebagai bapak angkat cabang olahraga bulu tangkis, Kepala Dinas Kesehatan sebagai bapak angkat cabang olahraga pencak silat.

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan sebagai bapak angkat cabang olahraga taekwondo, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olaharga sebagai bapak angkat cabang olahraga sepatu roda dan lainnya.

Setidaknya bupati setempat menunjuk 32 pejabat daerah setempat sebagai bapak angkat 32 cabang olahraga.

Pada Porprov ke XV di Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan mengirim 359 atlet dan bersama mereka juga diikutsertakan 108 pelatih dan official. (*)