Ribuan pramuka ikuti MISC II 2018

id Pramuka, pagaruyuang,Misc, perkemahan

Ribuan pramuka ikuti MISC II 2018

Pembukaan kegiatan perkemahan Minangkabau Internasional Scout Camp II (MISC II) 2018. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak lebih kurang 1.000 pramuka yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia mengikuti kegiatan perkemahan Minangkabau Internasional Scout Camp II (MISC II) 2018 yang digelar di Bumi Perkemahan Pagaruyuang Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai dari tanggal 13 hingga 19 November 2018 atas inisiatif dan difasilitasi oleh Ikatan Keluarga Besar Modern (IKPM) Gontor Cabang Sumbar.

"Selain perserta dari Indonesia, perkemahan ini juga diikuti oleh peserta yang berasal dari Trengganu, Malaysia," kata Ketua IKPM Gontor Cabang Sumbar, Eka Putra Wirman saat dihubungi di Batusangkar, Minggu.

Ia menyebutkan, beberapa peserta dari Indonesia di antaranya berasal dari Sumatera Utara, Riau, Sumbar, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lombok.

Dari beberapa daerah tersebut, ditambah dengan peserta asal Malaysia maka terdapat lebih kurang 1.000 perserta yang termasuk di dalamnya Pembina Pendamping (Bindamping).

Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Sumbar, Yulius mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pengurus IKPM Gontor cabang Sumbar yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Ia mengharapkan, dengan digelarnya MISC II 2018 yang melibatkan pramuka dari dalam dan luar negeri itu dapat memberikan banyak manfaat bagi peserta serta masyarakat umum.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan ini adalah kali kedua Kabupaten Tanah Datar dipercaya sebagai tempat pelaksanaan kegiatan MISC.

Ia menyebutkan, untuk masa mendatang pihaknya siap jika kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah tempat penyelenggaraan MISC III yang melibatkan pramuka dari berbagai daerah tersebut.

“Kami siap membenahi Bumi Perkemahan dan segala fasilitas pendukung lain untuk menyambut peserta MISC III mendatang,” katanya.*