Pagaruyuang Team UNP raih juara 2 pada kontes mobil tingkat nasional

id berita sumbar,berita unp,berita padang

Pagaruyuang Team UNP raih juara 2 pada kontes mobil tingkat nasional

Pagaruyuang Team UNP berhasil meraih juara 2 di kelas mesin pembakaran dalam diesel pada ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. (ANTARA/Humas UNP)

Padang (ANTARA) - Pagaruyung Team yang merupakan salah satu tim mobil hemat energi Universitas Negeri Padang (UNP) meraih juara 2 pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang merupakan salah satu program dari Puspresnas Kemendikbudristek.

Pembimbing Pagaruyuang Team UNP, Wanda Afnison M.T di Padang, Senin, menuturkan tim tersebut merupakan generasi ketiga yang berisikan mahasiswa terbaik Jurusan Teknik Otomotif yang sudah bekerja intens selama 4 bulan terakhir dalam mempersiapkan kompetisi ini.

Berbagai riset dan optimasi dilakukan Tim dari rancangan sebelumnya agar pada ajang KMHE 2021 ini Tim mampu memperoleh hasil maksimal.

"Pada gelaran KMHE 2021 Pagaruyuang Team UNP turun pada kelas Urban Diesel bersama dengan Tim tuan rumah UNESA Surabaya," kata pembimbing yang juga Dosen Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNP tersebut.

Ia mengatakan jelang race perdana pada 16 November 2021, kendaraan Pagaruyuang Team UNP yang diberi nama "Kabau Pacu" wajib melewati serangkaian Technical Inspection untuk memastikan kendaraan layak jalan dan aman saat mengikuti lomba.

"Alhamdulilah pada hari pertama Pagaruyuang Team UNP sukses memperoleh sertifikat layak Technical Inspection dan Pagaruyuang Team UNP raih juara 2 kelas mesin pembakaran dalam diesel," ujar dia.

Pagaruyuang Team UNP sudah 2 tahun terakhir mewarnai Kompetisi Mobil Hemat Energi tingkat Nasional (KMHE)dan tingkat Internasional Shell Eco Marathon Asia (SEMA).

Pagaruyuang Team UNP generasi ke 3 ini di pimpin oleh Manajer Tim yaitu Ridho Wahyudi, Divisi Engine & Powertrain oleh Faisal Amri, Riko Saputra, Syadila Awaldi A.Z,

Kemudian Divisi Chasis & Body oleh Yanda Septian Pratama, Fauzan Muhammad Aqil. Divisi Vehicle Design oleh Alamsyah dan Non Tech Division oleh Syalsabila Ahmad, dan Cut Indah Meutiarani.

Pada ajang KMHE tahun ini, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menunjuk Universitas Negeri Surabaya menjadi tuan rumah KMHE 2021 yang diselenggarakan pada 15– 20 November 2021.

Pembukaan ajang KMHE dilakukan pada 15 November secara luring , yang dihadiri dan diresmikan langsung oleh Rektor Universitas Negeri Surabaya.

KMHE merupakan salah satu program Puspresnas untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa dalam merancang dan membangun kendaraan hemat energi, aman, dan ramah lingkungan.

Melalui program ini diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa yang kreatif, cerdas, dan memiliki integritas serta mampu memberikan solusi positif untuk menjawab tantangan energi masa depan.