BPBD Agam bersihkan Kelok 44 jelang TdS

id Kelok 44,BPBD Agam,TdS 2018

BPBD Agam bersihkan Kelok 44 jelang TdS

Tim Redaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, sedang membersihkan tanah yang berpotensi longsor di Kelok 44, Rabu (31/10). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membersihkan material tanah yang berpotensi longsor di sepanjang jalan Kelok 44 menjelang pebalap Tour de Singkarak (TdS) melewati daerah itu pada 7 November 2018.

"Ini untuk mengurangi bencana tanah longsor saat pelaksanaan TdS yang rencananya akan melewati daerah itu pada 7 November 2018," kata Kepala BPBD Agam, Muhammad Lutfi Ar didampingi Kepala Bidang Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yunaidi di Lubukbasung, Rabu.

Tim dengan jumlah 10 orang itu juga melakukan pembersihan pohon yang berpotensi tumbang di panjang jalan Kelok 44 itu.

Keberadaan pohon itu berpotensi untuk menimpa badan jalan yang bisa mengakibatkan pelaksanaan TdS akan terganggu, mengingat sepanjang jalan Kelok 44 itu rawan terhadap bencana tanah longsor dan pohon tumbang saat hujan.

"Kami akan melakukan pemantauan setiap saat di lokasi itu dan mengerahkan alat berat untuk membersihkan material tanah longsor," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Erniwati menambahkan, Kelok 44 berada pada etape IV dengan start di Kota Padang- Ambun Pagi, Agam dengan jarak tempuh 144 kilometer pada Rabu (7/11).

"Kami telah melakukan persiapan dengan organisasi perangkat daerah terkait, Polres Agam dan lainnya jelang TdS," katanya.

Pada TdS 2018, Agam akan dilalui tiga etape. Etape satu pada Minggu (4/11), dengan start Bukitinggi dan finis di Sijunjung melalui Kecamatan Ampekangkek dan Baso Kabupaten Agam.

Sementara etape empat pada Rabu (7/11) dengan start dari Kota Padang dan finis di Ambun Pagi Kabupaten Agam, melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya dan Matur.

Sedangkan etape lima pada Kamis (8/11) dengan start dari Limapuluh Kota dan finis di Pasaman melalui Kecamatan Baso, Ampekangkek, Tilatangkamang dan Palupuh.

"Delapan kecamatan akan dilewati peserta TdS 2018," tegasnya. (*)