UNP tuan rumah kontes mobil hemat energi, persiapan sudah 90 persen

id Mobil unp

Mahasiswa mencoba prototipe mobil listrik, di kampus Universitas Negeri Padang (UNP), di Padang, Sumatera Barat, Senin (1/2). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/16 (igoy)

Padang (Antaranews Sumbar) - Persiapan penyelenggaraan even bergengsi tingkat mahasiswa Indonesia di Universitas Negeri Padang (UNP), yakni Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 sudah mencapai 90 persen.

UNP dipercaya menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan KMHE 2018 oleh Dirjen Belmawa Kemristekdikti, kini persiapan tinggal 10 persen lagi dan diyakini menjelang even bergensi itu dapat diselesaikan, kata Ketua Pelaksana KMHE 2018, Dr. Ardipal kepada Antara di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, pengerjaan jalur yang akan dilintasi para peserta kontes tinggal pemantapan saja lagi, termasuk segala sesautu yang berkaitan dengan kelengkapan lainnya terus dimantangkan menjelang hari pelaksanaan pada 27 November hingga 1 Desember 2018.

Wakil Rektor III UNP itu menyampaikan, peserta yang akan menunjukan kebolehan dan karya otomotif hemat energinya diperkirakan akan diikuti sedikitnya 150 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Jadi, pelaksanaan kontes mobil hemat energi ini, bagian dari upaya bagi UNP mempertahankan sebagai kampus yang akreditasi A.

Selain itu, tentunya peluang bagi UNP mendorong para mahasiswa dan para dosen yang bergerak di jurusan otomotif untuk menghasil penelitian mobil hemat energi sebagai jawaban terhadap krisis energi yang dihadapi.

"Hasil penelitian dan karya para mahasiswa dengan dosen pembimbingnya sebagai tuan rumah, tentu akan ambil bagian pula pada even bergensi tahunan di bawah Kemenristekdikti tersebut," ujarnya.

Jalur kontes mobil hemat energi di UNP (Ist) (Ist/)


Wakil Ketua Pelaksana yang juga salah satu dosen pembimbing mahasiswa otomotif UNP, Rifdarmon, MPd.T menambahkan, pada KMHE 2018 di UNP nantinya dibagi menjadi dua kategori, meliputi kategori prototype --kendaraan masa depan dengan disain khusus yang memaksimalkan aspek aerodinamika--. Kelas bahan bakar, Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasolin, MPD Ethanol, MPD Diesel dan Motor Listrik.

Sedangkan untuk kategori Urban, kendaraan roda empat yang tampilannya mirip mobil pada umumnya dan sesuai untuk berkendara dijalanan dengan kelas bahan bakar MPD Gasolin, MPD Ethanol, MPD Diesel dan Motor Listrik.

Rifdarmon menjelaskan, khusus untuk mahasiswa UNP yang akan ikut dalam konten nantinya, pada kategori prototype di kelas berbahan bakar diesel, dan di kategori urban pada kelas yang bahan bakarnya gasolin.

Kini spesifikasi yang dipersiapkan, tambah dia, ditargetkan di atas pemenang KMHE pada tahun lalu dengan bobot untuk prototype beratnya 49 kg (rangka, sasis dan mesin) belum termasuk bodinya.

"Kalau bicara target, UNP menarget bisa unggul pada kategori prototype bahan bakar diesel. Mudah-mudahan pada saatnya nanti sesuai target," ujarnya.

Dalam kontes tahun ini, jarak tempuh dipesiapkan 1.030 meter dengan delapan kali putaran di rute yang disudah dipersiakan dalam lingkungan kampus UNP Air Tawar Padang.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar