Pemkab Pesisir Selatan maksimalkan kerjasama dengan Universitas Negeri Padang

id Pemkab Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar,UNP

Pemkab Pesisir Selatan maksimalkan kerjasama dengan Universitas Negeri Padang

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar didampingi Sekda, Mawardi Roska ketika menerima kunjungan Rektor UNP, Ganefri usai apel perdana tahun 2024, Selasa (2/1) di kantor bupati setempat. (ANTARA/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan memaksimalkan kerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam hal ini, Pemkab Pesisir Selatan akan menyerahkan tanah seluas 1,3 hektare (sisa tanah yang telah diserahkan ke UNP seluas 1,9 Ha) di Nagari Sago Salido, Kecamatan IV Jurai.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar didampingi Sekda, Mawardi Roska ketika menerima kunjungan Rektor UNP, Ganefri usai apel perdana tahun 2024, Selasa (2/1) di kantor bupati setempat.

UNP akan membangun pagar keliling dan beberapa bangunan perkuliahan untuk menampung mahasiswa baru dan akan membuka beberapa jurusan dan vokasi (kepariwisataan, tata boga, mesin dan lainnya).

Disebutkan, UNP di Nagari Sago Salido merupakan pengembangan UNP Pusat (di Padang), dimana manajemennya langsung di bawah UNP Padang. Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam pengembangan kampus tersebut.

“Tantangan ke depan, bagaimana mahasiswa UNP di Nagari Sago jumlah dan jurusan/vokasinya sesuai kebutuhan Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga jumlahnya representatif (efektif dan efisien),” katanya.

Usai pertemuan itu dilanjutkan dengan kunjungan ke BLK di Dinas Koperasi, UMKM dan Naker Kabupaten Pesisir Selatan untuk menjajaki kerjasama, sehingga sarana dan prasarana (sarpras) yang ada di BLK itu bisa dioperasionalkan secara maksimal.

Selanjutnya, tenaga instruktur untuk pelatihan, operasional dan perawatan alat-alat pelatihan yang ada serta sebagai labor dan praktik bagi mahasiswa UNP dalam vokasi tertentu dapat difungsikan sebagaimana mestinya.