Rektor UNP: Penting penguatan bela negara bagi generasi muda

id UNP

Rektor UNP Prof Ganefri dan perwakilan Kementerian Pertahanan Kolonel Inf. Choirul Mustofa, serta pejabat dari Polda Sumbar, pada acara pembukaan serasehan Pemberdayaan Pertahanan bagi Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Mahasiswa Provinsi Sumatera Barat 2018, di UNP, Senin (22/10). (hms-ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Rektor Universitas Negeri Padang, Prof.Ganefri mengatakan penting penguatan bela negara bagi generasi muda karena generasi penerus bangsa.

"Gnerasi muda adalah pewaris dan penerus bangsa sehingga perlu adanya penguatan terkait dengan bela negara. Apalagi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang cukup maju, sehingga banyak hal perlu diwaspadai," kata Rektor Prof. Ganefri di Padang, Senin.

Hal ini disampaikannya saat membuka pelaksanaan Sarasehan Pemberdayaan Pertahanan bagi Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Mahasiswa Provinsi Sumatera Barat 2018, bertempat di Lt.4 Gedung Rektorat UNP Kampus Air Tawar Padang.

Menurut dia, kegiatan ini sangat penting karena dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup maju saat ini cukup banyak pengaruh dan hal-hal yang perlu diwaspadai.

Tujuan serasehan ini adalah untuk memperkuat generasi muda sehingga nilai-nilai karakter dapat dibentuk, dan supaya mempunyai wawasan nusantara, rasa kebersamaan dan disiplin yang baik.

Pelaksanaan kegiatan sarasehan ini membekali lebih kurang 70-an anggota Menwa dan mahasiswa sebagai generasi muda di masa depan.

Turut hadir dalam sarasehan itu, Wakil Rektor III UNP, Prof. Ardipal dan pejabat Polda Sumbar dan Korem Wirabraja.

Usai pembukaan Sarasehan Bela Negara Kolonel Inf. Choirul Mustofa, Pejabat Perwakilan Kementerian Pertahanan menjelaskan, beberapa program yang dilaksanakan adalah pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan yang saat ini diselenggarakan bagi Menwa dan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Sumbar.

Dalam kegiatan ini, terkait dengan pertahanan negara khususnya di lingkungan pendidikan, dan nilai-nilai bela negara yang ingin disampaikan kepada generasi muda yaitu cinta tanah air dan rela berkorban.

Kolonel Choirul Mustafa berharap agar mahasiwa setelah mendapat wawasan bela negara dalam sarasehan ini, bisa terus menyampaikan kepada mahasiswa yang lain termasuk generasi muda di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Foto bersama seusai pembukaan oleh Rektor UNP Prof Ganefri dan perwakilan Kementerian Pertahanan Kolonel Inf. Choirul Mustofa, serta pejabat dari Polda Sumbar, pada acara pembukaan serasehan Pemberdayaan Pertahanan bagi Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Mahasiswa Provinsi Sumatera Barat 2018, di UNP, Senin (22/10). (hms-ist)


Komandan Resimen Mahasiswa Batalyon 102 Maha Bhakti UNP, Muhammad Ridho didampingi Satgas, Siti Robiah Majidah mengatakan, kegiatan sarasehan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara dalam diri mahasiswa.

Selama ini, tambahnya, masih ada rasa kesadaran dalam diri mahasiswa namun belum maksimal, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah referensi wawasan kebangsaan dan nasionalisme dalam diri mahasiswa,”ucapnya.*

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar