Pariwisata - Disparpora Agam ajukan Rp7,5 miliar bangun Linggai

id Objek wisata Linggai

Objek Wisata Linggai. (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengajukan dana Rp7,5 miliar pada APBD 2019 untuk melanjutkan pembangunan Objek Wisata Lingai di Danau Maninjau, guna menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Dana Rp7,5 miliar itu telah kita ajukan pada rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2019. Mudah-mudahan usulan tersebut disetujui tim anggaran pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Erniwati di Lubukbasung, Senin.

Dana ini akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan fasilitas pendukung di Objek Wisata Lingai tersebut seperti, parkir, gedung pertemuan dan lainnya.

Pembangunan Objek Wisata Lingai itu telah dimulai semenjak 2017 dengan anggaran Rp2,5 miliar untuk membangun kios kuliner, tribun, dermaga wisata dan lainnya.

Sementara pada 2018 mengalokasikan dana sebesar Rp2,48 miliar untuk membangun Objek Wisata Linggai di Danau Maninjau.

Dana Rp2,48 miliar itu gunakan untuk pekerjaan dam, buat gerbang, kantor pelayanan, kantor informasi dan lainnya.

"Total anggaran untuk membangun Objek Wisata Lingai itu sebesar Rp24 miliar dan ini berdasarkan perencanaan yang dibuat Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam," katanya.

Pihaknya menargetkan pembangunan objek wisata itu selesai menjelang berakhirnya kepemimpinan Indra Catri-Trinda Farhan Satria sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam pada 2021.

Target itu sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM). Atas dasar itu pembangunan objek wisata tersebut dianggarkan setiap tahun dengan anggaran cukup besar, karena masa kepemimpinan bupati-wakil bupati tinggal dua tahun lagi.

"Kita berharap pembangunan objek wisata itu selesai menjelang 2021," katanya.

Pembangunan Objek Wisata Linggai ini untuk menarik wisatawan ke daerah itu, sehingga jumlah kunjungan meningkat setiap tahunnya.

Pada 2017 jumlah kunjungan ke Agam sebanyak 653.108 orang, pada 2016 sebanyak 519.232 orang, pada 2015 sebanyak 486.010 orang dan pada 2014 sebanyak 443.098 orang.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Irfan Amran mendukung pembangunan objek wisata itu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Namun pihaknya berharap pemerintah membangun kolam pemandian di Objek Wisata Linggai, karena potensi air di lokasi itu sangat banyak dan ini untuk menarik wisatawan ke objek wisata itu.

"Pemandian tersebut sangat diminati pengunjung saat ini," tegasnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar