Pemkab Pasaman Barat bersama Kominfo Sumbar sosialisasikan kesiapsiagaan Bencana

id Sosialisasi,Kesiapsiagaan Bencana

Pemkab Pasaman Barat bersama Kominfo Sumbar sosialisasikan kesiapsiagaan Bencana

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat membuka kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan bencana kepada kelompok informasi masyarakat, Kamis (27/9).

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informasi Sumatera Barat , menyosialisikan kesiapsiagaan bencana kepada kelompok informasi masyarakat mengingat daerah itu rawan bencana, Kamis.

"Penting dilakukan sosialisasi kepada kelompok informasi masyarakat. Kegiatan ini mengusung tema melalui siseminasi informasi kita budayakan kesiapsiagaan masyarakat Sumbar tangguh bencana," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Ia mengatakan kelompok informasi masyarakat sangat penting di tengah masyarakat. Terutama dalam hal informasi bencana alam, kondisi di masyarakat, termasuk mengenai pemilihan umum.

"Kita berharap melalui kelompok informasi ini dapat memberikan informasi dengan cepat dan akurat mengenai kebencanaan," ujarnya.

Pada kegiatan itu menghadirkan tiga narasumber yakni Kepala Bidang Infrastruktur Diskominfo Sumbar, Widya Prima Hatta, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pasaman Barat, Tri Wahluyo, dan Kepala Dinas Kominfo Pasaman Barat, Dalpesri Bahar.

Kepala infrastruktur Dinas Kominfo Sumbar, Widya Prima Hatta menyampaikan kelompok informasi masyarakat merupakan komunitas informasi yang berkembang dimasyarakat dapat menjadi lembaga akses media dan mengorganisasi pendayagunaan informasi.

Ia melihat di Sumbar khususnya Pasaman Barat adalah daerah rawan bencana seperti bencana longsor, gempa bumi, tsunami, banjir dan bencana lainnya.

Ia berharap dengan adanya kelompok informasi masyarakat dapat mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi, termasuk informasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dari ancaman bencana.

Sementara itu Kepala BPBD Pasaman Barat, Try Wahluyo mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangat penting dalam rangka siaga bencana.

"Pasaman Barat daerah rawan bencana karena memiliki sejumlah sungai besar, daerah perbukitan dan laut. Tentu informasi masyarakat tentang bencana sangat penting," ujarnya.

Menurutnya kegiatan itu ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

"Informasi mengenai kesiapsiagaan bencana sangat penting. Apalagi terkait penanggulangan bencana agar cepat dan tepat sasaran," katanya. (*)