Tim PKM Poltekkes beri penyuluhan kesiapsiagaan bencana ibu hamil

id Poltekes Kemenkes,penyuluhan kesiapsiagaan bencana bagi ibu hamiil dan menyusui

Tim PKM Poltekkes beri penyuluhan kesiapsiagaan bencana ibu hamil

Tim PKM Poltekes Kemenkes RI Padang sedang memberikan materi terkait dengan kesiapsiagaan bagi perempuan hamil, menyusui dan nifas. (ANTARA/HO-TP)

Padang (ANTARA) - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan RI Padang, Sumatera Barat menggelar penyuluhan kesiapsiagaan bencana bagi ibu hamil, nifas dan menyusui di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Lurah Ulak Karang Selatan, Kota Padang itu dengan pemanfaatan video animasi kepada sedikitnya 35 orang peserta yang hadir, agar lebih mudah dipahami upaya kesiapsiagaan bagi kaum perempuan ketika sedang hamil, menyusui dan nifas, seperti rilis diterima di Padang, Kamis.

Ketua Tim PKM Poltekes Lita Angelina Saputri menyampaikan tujuan kegiatan langsung ke komunitas masyarakat di zona rawan bencana ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum perempuan tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana khusus bagi ibu hamil, nifas dan menyusui.

Selain itu, bertujuan mengaplikasikan hasil penelitian melalui kegiatan sosialisasi dan optimalisasi penggunaan video animasi tentang kesiapsiagaan bencana bagi ibu hamil, nifas dan menyusui serta kader di Kelurahan Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara Kota Padang berjumlah 35 orang.

"Kita berbagi dengan para ibu hamil, nifas dan menyusui. Disamping menayangkan video animasi dan juga berdiskusi, post test untuk mengukur pengetahuan dan perilaku kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," ujarnya.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan Lita Angelina Saputri, S.ST, M.Keb, bersama tim PKM meliputi Ns. Faridah BD, S.Kep, M.Kes, Yussie Ater Merry, S.ST, M.Keb dan tiga orang mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Padang berlangsung pada 14 Agustus 2023.

Selama pelaksanaan penyuluhan peserta sangat antusias mengikuti sesi penyampaian materi dan dibuka sesi diskusi.*
Tim PKM Poltekes Kemenkes RI Padang foto bersama usai kegiatan penyuluhan terkait dengan kesiapsiagaan bagi perempuan hamil, menyusui dan nifas. (ANTARA/HO-TP)