Manggopoh menuju sentra lele di Agam

id Manggopoh,Sentra Lele

Manggopoh menuju sentra lele di Agam

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan. (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan untuk membuat 1.000 unit kolam terpal di daerah itu dalam upaya untuk menjadikan daerah itu sebagai sentral ikan lele.

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan di Lubukbasung, Jumat, mengatakan 1.000 unit kolam terpal ini ditargetkan selesai pada 2019.

"Saat ini sudah ada sekitar ratusan kolam terpal lele di nagari itu," katanya.

Agar target ini tercapai, tambahnya, pemerintah nagari telah membuat enam unit kolam terpal percontohan pada awal 2018.

Lalu membuat lokasi pembibitan ikan seluas 0,5 hektare dan menganggarkan dana untuk membuat kolam percontohan sebanyak 50 unit kolam pada anggaran pendapatan belanja nagari pada 2019.

"Keberadaan kolam percontohan itu untuk tempat belajar bagi masyarakat, sehingga mereka akan membuat kolam itu di lahan mereka," katanya.

Ia menambahkan, target 1.000 unit kolam terpal ini dalam rangka untuk menjadikan daerah itu sebagai sentral ikan lele.

Dengan cara ini, ekonomi masyarakat setempat akan lebih baik, karena biaya perawatan lele tidak begitu banyak.

Sementara pemasaran ikan lele cukup bagus dengan harga sekitar Rp20 ribu per kilogram.

Selama ini ikan lele di Nagari Manggopoh diolah menjadi lele asap oleh Kelompok Sarai Serumpun dan setiap bulan produksi sekitar 200 kilogram.

"Sementara persediaan ikan lele di nagari ini masih kurang untuk diolah kelompok itu, sehingga mereka membeli ke pembudidaya di nagari lain," katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto mendukung Pemerintah Nagari Manggopoh untuk menjadikan daerah itu sebagai sentral lele dengan cara memberikan program cetak kolam baru seluas tiga hektare.

"Ini bentuk dukungan kita agar target akan tercapai nantinya," katanya

Selain membuka kolam baru, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan setempat juga memberikan bantuan bibit ikan nila sebanyak 12 ribu ekor untuk kelompok tani.

Memberikan bantuan 100 ribu bibit ikan nila untuk lubuk larangan di Nagari Manggopoh. (*)