Atlet sentra Kota Solok raih medali emas atletik di Porwil Sumatera tahun 2023

id Atlet sentra Kota Solok raih, medali emas atletik, di Porwil Sumatera, tahun 2023

Atlet sentra Kota Solok raih medali emas atletik di Porwil Sumatera tahun 2023

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat menyerahkan medali ke peserta kejuaraan basketball Kota Solok (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Atlet sentra Kota Solok berhasil meraih medali emas atletik untuk kontingen Sumatera Barat di arena Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Riau tahun 2023.

Salah seorang atlet asal Kota Solok Gifty Virgio Reagusta di Solok, Senin mengatakan terdapat tiga medali yang berhasil disumbangkan atlet sentra Kota Solok.

Medali emas dan perak berhasil diborong dari nomor lari 5.000 meter putri oleh Gifty Virgio Reagusta dan Wilna Selfi. Tidak hanya itu, Danil Suhendra juga menyumbang medali perak untuk kontingen Sumbar pada nomor lari estafet 4 x 400 meter.

Dengan demikian, atlet Kota Solok berhasil menyumbangkan enam medali bagi kontingen Sumatera Barat dengan rincian satu emas diraih oleh Gifty Virgio Reagusta nomor 5.000 meter putri, berikutnya empat perak diraih oleh Wilna Selfi pada nomor 5000 meter dan 10.000 meter putri.

Sementra Gifti menempuh pada nomor 1.500 meter putri dan Danil Suhendra lari estafet 4 x 400 m putra serta satu medali perunggu kembali diraih oleh Gifti Vergio Reagusta lari estafet 4 x 400 m putri.

Dengan demikian semakin lengkaplah medali yang diraih oleh atlet kebanggaan Kota Solok Gifti Virgio Reagusta dengan menyumbang emas, perak dan perunggu untuk kontingen Sumatera Barat.

“Alhamdalillah medali emas hari ini berhasil saya sumbangkan untuk Sumbar. Terimakasih saya ucapkan kepada pelatih, official dan teman atas dukungannya sehingga medali emas ini berhasil Gifti raih,” ucap Gifti.

Di samping itu, Pelatih Atletik Sumbar asal Kota Solok Anwar mengapresiasi para atlet di ajang Porwil Sumatera XI Riau 2023 karena atlet Kota Solok mampu mencapai prestasi terbaik.

“Ini hasil nyata dari kerja keras, kamauan dan semangat dalam berlatih,” ucapnya.

Ia menyebut dari 40 atlet kontingen Sumatera Barat yang ikut bertanding di Porwil 2023 tersebut, tujuh atlet dari Kota Solok atas nama Gifty Virgio Reagusta pada Nomor 1.500 dan 5.000 m Putri, Wilna Selfi pada 5.000 dan 10.000 m Putri.

Lebih lanjut, Diva Rahmi Dilsiana dan Anjelina Eka Putri Jalan Cepat Putri 20 km Putri, Rahmad Indra, Lari 100 dan 200 m Putra dan 4 x 100 m Estafet Putra, Hariken Marta pada Nomor Lompat Jauh Putra serta Danil Suhendra pada Nomor 4 x 400 m Estafet Putra.

Total ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porwil Sumatera XI Tahun 2023 di Provinsi Riau selama lima hari (5 s.d 9 November 2023) yaitu Atletik, Bola Tangan, Barongsai, Volly, Catur, e-sport, Renang, Sepak bola, Sepak takraw dan Wushu.

Seluruh pertandingan digelar di Kota Pekanbaru, kecuali untuk atletik digelar di stadion Tuanku Tambusai Bangkinang Kabupaten Kampar.