Wagub: forum daerah aliran sungai pertimbangkan investasi

id Daerah Aliran Sungai ,Nasrul Abit,Wakil Gubernur

Wagub: forum daerah aliran sungai pertimbangkan investasi

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit melantik pengurus Forum DAS periode 2018-2023 di Padang, Rabu (18/7). Masrul Djalal terpilih menjadi ketua lembaga non struktural yang independen itu. (Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meminta Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) setempat ikut mendukung investasi daerah dalam tugasnya memberikan masukan terkait pengelolaan sumber daya sekitar sungai.

"Kita dukung pelestarian DAS dengan mendengarkan masukan dari forum ini. Tapi kita juga berharap ada pertimbangan terhadap potensi investasi sekitar sungai," katanya di Padang, Rabu.

Ia mengatakan itu saat melantik pengurus Forum DAS Sumbar di Padang.

Menurutnya secara umum kondisi sungai di Sumbar masih relatif baik karena industri besar yang limbahnya berpotensi mencemari air, hampir tidak ada.

Pencemaran kemungkinan adalah akibat limbah rumah tangga yang dibuang langsung ke sungai tanpa melewati proses pengolahan.

Meski demikian kondisi air sungai pada 19 kabupaten dan kota masih relatif terjaga.

Pemerintah daerah berkomitmen menjaga hal itu dengan berbagai program yang tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Hanya saja, sebagian potensi sumber daya alam Sumbar berada di kawasan hutan dan kawasan sungai yang berkaitan erat dengan DAS.

Potensi daerah itu bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat dengan cara mendatangkan investor untuk menggarapnya.

Gubernur sudah beberapa kali ke luar negeri untuk menawarkan potensi sumber daya alam Sumbar tersebut dan beberapa pihak sudah menyatakan ketertarikannya.

"Kita berharap Forum DAS Sumbar ikut mendukung investasi ini melalui rekemendasi dan masukan yang diberikan," kata dia.

Sementara itu Ketua Forum DAS Sumbar periode 2018-2023 Masrul Djalal menyebutkan forum yang dipimpinnya merupakan lembaga non strukrural yang independen dan bekerja sepenuhnya untuk pelestarian DAS.

DAS itu bukan dalam pengertian sempit yaitu aliran sungai, tetapi sebuah wilayah. Wilayah itu ada hutan dan pemukiman sehingga pengelolaannya harus lintas instansi.

"Tujuannya jelas untuk menjaga kelestarian DAS untuk anak cucu kita," katanya.

Forum itu selain berisi perwakilan pemerintah, juga ada sejumlah ahli dan lembaga swadaya masyarakat seperti Walhi. (*)