Kemenhan gelar lomba Parade Cinta Tanah Air di Sumbar

id Parade Cinta Tanah Air,Kemenhan

Kemenhan gelar lomba Parade Cinta Tanah Air di Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat memberikan sambutan dalam pembukaan lomba PCTA di Padang, Selasa (10/7). (Istimewa)

Lomba ini dirancang untuk memupuk pemahaman dan karakter cinta tanah air generasi muda
Padang, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Pertahanan RI menggandeng Dinas Pendidikan Sumatera Barat untuk menggelar lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat SMA dan Perguruan Tinggi tingkat provinsi.

"Lomba ini dirancang untuk memupuk pemahaman dan karakter cinta tanah air generasi muda," kata perwakilan Kemenhan RI, Kolonel inf Choirul Mustafa di Padang, Selasa.

Ia mengatakan lomba tersebut adalah kegiatan tahunan yang digelar Kemenhan dan telah digelar tujuh kali.

Lomba yang digelar dua hari, 10-11 Juli 2018 itu diantaranya lomba menulis esai dan pidato, lomba keterampilan seperti menyanyi, puisi, pantun, musik, menari serta promosi sebagai Duta Bela Negara.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menilai kegiatan tersebut sangat positif bagi generasi muda untuk memotivasi serta memberikan pemahaman tentang pentingnya membela negara dan mencintai negara.

Meski saat ini tidak ada lagi penjajahan secara fisik, tetapi secara non fisik melalui kecanggihan teknologi informasi, hal itu selalu mengintai.

"Dengan pemahaman cinta tanah air, generasi muda dapat terhindar dari bahaya yang dapat merusak kecintaannya kepada negara," kata dia.

Ia mendorong lomba tersebut tidak hanya digelar untuk SMA/SMK dan perguruan tinggi, tetapi dimulai dari tingkatan sekolah dasar karena pemahaman ini perlu diberikan sejak dini.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman menyebutkan lomba diikuti oleh 30 tim tingkat SMA/SMK dan 30 tim tingkat Perguruan Tinggi.

Nantinya para Juara satu tingkat daerah akan mewakili Sumbar untuk lomba yang sama tingkat nasional, yang rencananya digelar di gedung Konferensi Meja Bundar, Bandung, Jawa Barat. (*)