Bagikan cinta tanpa batas, Semen Padang sumbangkan 442 kantong darah ke PMI

id PT Semen Padang, Donor Darah, PMI Padang

Bagikan cinta tanpa batas, Semen Padang sumbangkan 442 kantong darah ke PMI

Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri, didampingi Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, dan Staf Humas, Dina Armidya, menyerahkan kantong darah kepada Kepala Bagian Teknis Labor UDD PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti, pada acara donor darah yang digelar PT Semen Padang di GSG PT Semen Padang, Rabu (21/2/2024). Pada acara donor darah itu, sebanyak 442 kantong darah berhasil dikumpulkan dari pendonor. (ANTARA/HO-SP)

Padang (ANTARA) - PT Semen Padang menggelar kegiatan donor darah dengan tema "Bagikan Cinta Tanpa Batas" di Gedung Serba Guna (GSG), berhasil terkumpul sebanyak 442 kantong darah, dan diserahkan ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang.

Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri, Rabu, menyampaikan mengapresiasi para pendonor yang mayoritas merupakan karyawan Semen Padang Group dan keluarga. Karena, berkat partisipasinya dalam mendonorkan darah, sebanyak 442 kantong darah berhasil terkumpul. Jumlah ini, merupakan yang terbanyak sepanjang PT Semen Padang menggelar kegiatan donor darah.

"Mudah-mudahan darah yang kita donorkan ini bisa bermanfaat untuk saudara kita yang membutuhkan transfusi darah. Donor darah memang agak sakit, tapi lebih sakit lagi orang yang menerima donor dari kita. Meski begitu, donor darah ini sehat bagi pendonor," kata Oktoweri dalam sambutan pembukaan Donor Darah di GSG PT Semen Padang.

Bagi PT Semen Padang, kata Oktoweri, donor darah ini merupakan program rutin perusahaan yang digelar sekali dalam 2 bulan atau 6 kali setahun, dan donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian PT Semen Padang kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

"Semen Padang bersyukur dalam setahun bisa 6 kali menggelar donor darah, dan kegiatan ini tentunya bisa terwujud berkat dukungan karyawan Semen Padang Group dan keluarga yang rutin mendonorkan darahnya melalui kegiatan donor darah yang digelar Semen Padang. Semoga, kegiatan ini dapat meringankan beban PMI dalam memenuhi kebutuhan darah," ujarnya.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati menambahkan bahwa pada donor darah ini, PT Semen Padang berkolaborasi dengan Komunitas Berbagi Nasi Padang, dan juga dengan BRI sebagai wujud sinergi BUMN. Semoga, kolaborasi ini bisa terus dilaksanakan, termasuk untuk kegiatan lainnya.

"Kolaborasi dengan Komunitas Berbagi Nasi Padang ini dalam bentuk donasi mainan bekas layak pakai yang nantinya akan diserahkan ke panti sosial anak. Donasi mainan ini berasal dari pendonor yang ikut mendonorkan darahnya. Kemudian BRI, memberikan sponsor berupa Brizzi bagi pendonor yang membawa pendonor darah perdana dan juga untuk pendonor perdana. Ada 102 orang pendonor darah baru," kata Anita.

Pada kegiatan donor darah ini, sebut Anita, PT Semen Padang menyediakan 200 souvenir untuk pendonor pertama, serta puluhan hadiah doorprize menarik lainnya. Untuk memeriahkan jalannya kegiatan donor darah, PT Semen Padang juga menggelar Lomba Semen Padang Berkaraoke dengan hadiah uang tunai jutaan rupiah.

"Souvenir dan doorprize, serta lomba karaoke ini sengaja digelar, tujuannya selain menghibur para pendonor, juga untuk meningkatkan minat karyawan Semen Padang Group dan keluarganya untuk donor darah. Begitu juga dengan lomba karaoke ini yang bisa dimanfaatkan oleh pendonor untuk menyalurkan bakatnya," ujar Anita.

"Alhamdulillah, usaha kami untuk mengajak karyawan Semen Padang Group dan keluarga untuk donor tidak sia-sia. Terbukti, jumlah darah yang terkumpul mencapai 442 kantong darah. Jumlah ini terbanyak sepanjang kegiatan donor darah yang digelar Semen Padang," tutur Anita sembari menyebut bahwa donor darah ini juga terbuka untuk masyarakat sekitar perusahaan.

Kepala Bagian Teknis Labor UDD PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti, mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu rutin menggelar donor darah. Kegiatan ini sangat membantu PMI Kota Padang dalam memenuhi stok darah.

"Kami sangat berterima kasih kepada Semen Padang. Tanpa dukungan dari Semen Padang ini, kami kocar-kacir mencari stok darah. Berkat Semen Padang, jumlah darah yang terkumpul cukup banyak, dan jumlahnya membuat kami bisa bernafas lega untuk 1 sampai 2 minggu ke depan," katanya.

Salah seorang pendonor bernama Mardas, mengaku sudah 33 kali ikut donor darah yang digelar oleh PT Semen Padang, dan sudah mendapatkan piagam penghargaan donor untuk 25 kali dari PMI Kota Padang. Untuk itu, dia pun mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah memfasilitasi kegiatan donor darah ini.

"Ini donor darah ke-33 kali. Semuanya saya donorkan melalui donor yang digelar Semen Padang. Makanya, saya berterima kasih kepada Semen Padang. Karena, donor darah rutin yang digelar oleh Semen Padang ini memberikan kemudahan bagi saya untuk donor darah, sehingga saya tidak perlu harus datang ke UDD PMI Kota Padang," kata anggota Unit Pengamanan PT Semen Padang ini.

Ketika ditanya sejak kapan menjadi pendonor rutin, Mardas mengaku sudah lama. "Untuk tahunnya saya sudah tidak ingat. Tapi bagi saya pribadi, donor darah rutin ini saya lakukan karena sangat banyak manfaatnya. Selain untuk kesehatan, donor darah ini juga bermanfaat untuk menolong sesama," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan karyawan PT Semen Padang, Saparudin. Ia mengaku menjadi pendonor rutin karena alasan kemanusiaan. "Setetes darah begitu bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan darah di rumah sakit. Jadi, itulah alasannya kenapa saya dengan sukarela rutin mendonorkan darah," katanya.

Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang itu juga menyampaikan alasan lainnya rutin menjadi pendonor. Salah satunya, untuk meningkatkan produksi sel darah. Dan, beberapa literasi yang dia baca, donor darah bukan berarti membuat kadar darah berkurang. Justru, bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

"Seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar. Proses ini bisa membuat kita menjadi lebih sehat. Makanya, selain untuk kemanusiaan, alasan ini jugalah yang membuat saya tertarik untuk menjadi pendonor rutin," pungkas Saparudin yang sudah 31 kali ikut donor darah.(*)