Pasaman Barat terima penghargaan BKKBN

id Penghargaan

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Barat, Yunisra Syahiran saat menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/7) malam (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Yunisra Syahiran menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

"Benar, kita menerima penghargaan bersama delapan kabupaten/kota lainnya se-Indonesia. Penghargaan ini langsung diberikan Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani di Manado Sulawesi Utara, Jumat (6/7) malam," kata Ketua TP PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran ketika dihubungi melalui telephone genggam, Sabtu (7/7).

Ia mengatakan penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yg dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

"Saat ini kita terima penghargaan MKK dari BKKBN. Ini anugerah dan motivasi yang besar bagi kita untuk terus menyukseskan penyelenggaraan program KKBPK di Pasaman Barar," ujarnya.

Menurutnya, penghargaan diperoleh atas dasar terpenuhinya indikator kesadaran dan kecerdasan masyarakat untuk mengikuti program KB yang digalakkan pemerintah.

Masyarakat memahami bahwa KB bukan untuk menghambat ataumembatasi jumlah kelahiran, tetapu juga mengatur jarak kelahiran untuk menjaga kesehatan reproduksi ibu.

Masyarakat juga semakin memiliki pengetahuan yang baik mengelola keluarga sejahtera.

"Selama ini kita selalu berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengikuti KB. Memberikan pemahaman perihal tersebut dan juga membekali pengetahuan masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan pembangunan kualitas hidup masyarakat yang dimulai dari keluarga adalah program yang terus digalakkan PKK Pasaman Barat bersama instansi terkait.

Pembinaan keluarga sejahtera berlandaskan agama selalu dijadikan prioritas.

"Mudah-mudahan penghargaan ini akan meningkatkan motivasi kita lagi kedepan untuk membangun kualitas masyarakat yang dimulai dari keluarga yang sakinah mawaddah warahmah," harapnya.

Penghargaan MKK berdasarkan keputusan kepala BKKBN RI nomor 57/KEP/G2/2018 tanggal 7 juni 2018 tentang penerima penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima.

"Penghargaan ini merupakan motivasi agar kedepannya PKK Pasaman Barat semakin baik untuk masyarakat," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar